Pada 24/01/22 09.55, Slamet Raharjo via Mdaemon-L menulis:
Pak Syafril, kalau messagelabs.com ini apa ya pak ? apakah semacam
jasa 3rd Party untuk E-mail Security ya ?

Layanan SMTP Relay service, semacam office365 hybrid hanya saja pengelolanya Symantec (sekarang broadcom)

https://docs.broadcom.com/doc/email-security-for-enterprise-en

Karena banyak bikin masalah jika saya lihat, misal tidak punya definisi IP
sehingga host can't be
resolved dan sebagainya.

Menurut saya sih normal saja di masa pandemi covid-19 ini.
Bagian aplikasi (yang mengurusi email) kurang koordinasi dengan bagian infrastruktur (yang mengurusi Name Server/DNS) pada saat diperlukan penambahan server/IP. Mirip saja saja dengan Office365 saat melakukan penambahan server tidak mendaftarkan nama hostnya ke DNS (bisa periksa ke arsip milis ini).

https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg47115.html

Hal ini bertentangan dengan Best Practice
yang saya terapkan (terlampir), sehingga banyak di block jika mereka
(messagelabs.com) megirimkan e-mail dengan menggunaakn smtp server
yang gak beres (tidak punya definisi IP Pubic).

Mohon pencerahan Solusi Permanentnya ya Pak, karena sepertinya IP mereka nambah
terus, tapi settingannya ada yang kurang beres sehingga di reject oleh Mail
Server saya.

Upgrade ke MDaemon 20.x keatas atau lebih baik ke versi terkini (21.5.1) dan ikuti tips berikut.

https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg46143.html

--------
Syafril Hermansyah
MDaemon-L Moderators, running MDaemon 21.5.2 64 bit Beta B

%
Menularkan pesimisme cuma perlu modal gombal. Tapi membangun harapan harus dengan kerja keras dan hasil nyata.
        --- Dahlan Iskan