> Kalau MDaemon diletakkan dibelakang firewall/Internet Router, dalam hal ini
> MDaemon pakai private IP (LAN IP), maka perubahan IP hanya dilakukan oleh
> firewall saja.

Ini berarti merubah di NAT Forwardnya Firewall ya Pak ?

>Lakukan penyesuaian DNS record (A/host record, SPF record), ubah di
>Forward-DNS (DNS hoster, Name Server).

>Kalau DNS hoster pakai ISP lama, maka perlu ditransfer ke DNS hoster di ISP
>baru.

> Terakhir, minta ke ISP baru untuk membuatkan PTR record untuk public IP baru
> yang digunakan MDaemon di Reverse-DNS server mereka pointing ke nama host
> (FQDN host/SMTP host) yang terdaftar di domain manager.

Untuk ini kalau seumpama Hoster ISP nya masih tetep pakai yang lama, berarti
tidak perlu transfer DNS Hoster di ISP baru kan Pak ?
Tinggal minta rubah / config ulang Hoster ISP yang lama untuk ganti IP Public
ISP baru yang di config.an  di PTR Recordnya, FQDN Host/SMTP host ya Pak ?

Mohon pencerahannya Pak Syafril, karena saya masih bingung

Jadi jelasnya, gini Pak

kami saat ini koneksinya menggunakan ISP A untuk hoster domainnya juga
menggunakan ISP A
Nah kami berencana mengganti koneksi internetnya menggunakan ISP B, tetapi
untuk Hoster tetap menggunakan ISP A

Gimana ya Pak kira2 enaknya menurut Pak Syafril ? action yang mudah dan tepat

Mohon maaf kalau saya masih kurang jelas.

Terima Kasih
Rievo