> Sudah benar aktif.
> Kalau smtp-in log kosong artinya client memang tidak connected ke MDaemon
> server baru.
>
> Lalu potongan log yl dapat dari mana?
> Dari server lama?
>
> Memangnya server baru belum diganti IP nya ke IP 103.4.165.123?
>
> $ telnet mail.musica-studios.co.id 25
> Trying 103.4.165.123...
> Connected to mail.musica-studios.co.id.
> Escape character is '^]'.
> 220 mail.musica-studios.co.id ESMTP MDaemon 19.5.9; Fri, 12 Jan 2024 16:37:59
> +0700

potongan Log yg saya berikan di awal adalah dari server baru dari file
(Mdaemon-2024-01-12-all.log)
saya cek event log tsb, dan yg ada error hanya pada event: initializising
network and socket layer (dengan informasi SSL certificate tidak ditemukan)

case nya seperti ini pak:
pagi ini, saya coba migrasi email server mdaemon v.19.5 ke v.23.5

step terakhir adalah mengganti IP address baru menggunakan 103.4.165.123

1) server yg lama saya disconnect dari LAN dengan mencoport kabel jaringan
2) server baru saya sambungkan LAN dan merubah IPv4 nya ke 103.4.165.123
3) melakukan test internet berjalan dengan normal
4) start MDaemon services
5) test email dengan email client outlook di pc user
6) error dengan pesan Server tak terhubung
7) disconnect server baru (shutdown)
8) reconnect server lama (saat ini tetap menggunakan server lama karena proses
migrasi saya anggap belum sukses)

Regards,
-mauritz.