> Itu karena sender host server tidak bisa menghubungi primary MX.
> Dalam hal ini hannya NOC Cbn.net.id yang bisa perbaiki.
> Laporkan saja ke Technical Support ISP, nanti mereka akan meneruskan ke
> bagian NOC (Network Operation Center) yang akan melakukan koordinasi
> dengan NOC nya office365.

Sy sudah tanyakan ke CBN, networks CBN ke Office 365 sudah menggunakan best
path.

> Itu masalah di internal jaringan CBNnet.
> Hanya bagian aplikasi (mail server) dan mungkin NOC yang bisa perbaiki.

Sepertinya CBN menggunakan konsep NAT Overload untuk traffic outbound sehingga
IP Publicnya berubah-ubah pada saat kirim e-mail,
Kemarin saya sudah koordinasi dengan mereka dan sudah whitelist dua subnet
(blok IP) yang di gunakan untuk CBN kirim e-mail.

Best Regards,

Slamet Raharjo
IT Dept.