Wa'alaikum salam wr wb,
Masalah zakat profesi ini adalah masalah khilafiyah di
kalangan ulama. Sebagian ulama menganggapnya bid'ah
karena pada zaman Nabi dan sahabat tidak pernah ada,
sebagian lain menganggapnya tidak.

Setahu saya zakat profesi ini dipelopori oleh Syekh
Yusuf Qaradlawi yang diikuti oleh sebagian ulama
lainnya.

Penganut paham zakat profesi menganggap zakat profesi
di zaman Nabi tidak ada karena di zaman Nabi belum
ada/banyak profesi seperti dokter, insinyur, dsb. Jika
petani dizakati, kenapa dokter yang lebih kaya tidak?
Begitu pendapatnya.

Saya sendiri termasuk yang mengikuti paham tidak ada
zakat PROFESI. Keberagaman profesi menurut saya sudah
ada sejak zaman Nabi.

Pada zaman Nabi sudah ada penjahit, saudagar/manager
perdagangan (seperti Nabi dulu), nakhoda, tabib,
penyair, tukang bekam, pandai besi/pembuat pedang,
penggembala, gubernur, pembuat rumah/istana, dsb.
Sudah ada keragaman profesi. Apakah mereka dengan
tidak membayar zakat profesi berarti tidak membayar
zakat?

Tidak, jika harta mereka terkumpul masuk nishab
(banyak) dan haulnya (periode), mereka wajib membayar
zakat maal (zakat harta)

Alasan saya:
"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu"
[Ali Imron:3]

Rasulullah bersabda:
“Berhati-hatilah dari hal yang baru, karena setiap
yang baru itu bid’ah dan setiap kebid’ahan itu
sesat."(HR. Tirmidji dan Ibnu Majah).
“Barangsiapa yang membuat-buat dalam
perkaraku(agamaku) ini, sesuatu yang bukan darinya
maka dia tertolak.”(HR. Bukhari Muslim).
“Barangsiapa yang beramal satu amalan yang tidak ada
perintahku padanya, maka dia tertolak.”(HR. Muslim).

Karena itu kita tidak bisa menambah2 jenis
zakat/ibadah mahdloh lainnya.

Wassalam

--- Harijanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ass wr wb,
>
> Pak punya artikel tentang zakat profesi? utamanya
> artikel Dr. Yusuf
> Qordowi
>
> Syukron
>

> Waalaikum salam wr wb
>

> Harijanto
> Controlling dept
> PT. ECCO Indonesia
> 031-8964555, ext 2121

Ingin belajar Islam? Mari bergabung milis Media Dakwah

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/TXWolB/TM