DISKUSI POLA PIKIR

“Assalamu’alaikum wr.wb” sapaku yg sudah berdiri di depan pintu ruangan guruku
dan terlihat beliau sedang bicara dgn sahabatku dan spontan mereka menjawab
salamku dan seperti biasanya aku yg selalu bergurau

“Say..ngapain loe di sini..?kamu yg ngapain, dia kan sekretaris saya dan ada
keperluan dgn saya, lha kamu..?” gurauku, karena melihat pelototan guruku pada
saat menanyakan keberadaan sahabatku dan kemudian kulanjutan celotehku yg
menirukan gaya bicara guruku, setelah itu sahabatku keluar membawa setumpuk
pekerjaan sambil tertawa melintas dihadapanku, sedangkan beliau hanya melotot
dan menahan senyum ke arahku.

“kamu kenapa lagi..” Tanya beliau padaku yg sudah duduk di sofa tamu dihadapan
meja kerjanya

“enggak..aku kangen aja pingin dimarahain sama bapak..”jawabku sambil senyum2
padanya

“lihat.. kamu senangnya hanya dimarahin aja ya..?!”

“he.he..iyalah..soalnya, bapak kalau lagi marah, yg keluar itu ilmu semua,
jadi..lumayanlah…untuk nambah pembendarahan ilmuku..?” jawabku yg mulai
memancing pembicaraan dan kuteruskan pertanyaanku

“pak..sekarang ini yg terjadi adalah perang pola pikir dan kaum orientalis yg
membenci islam sedang menyusupkan pola pikir mereka kepada kaum muslim dan
sasarannya adalah muslim yg awam..”

“lho..kamu bingung tentang pola pikir mereka itu..?kamu tahu, kalau cara-cara
seperti itu sudah ada sejak ratusan tahun yg lalu, dan kamu pernah dengar
istilah gaswul fikri..?” tanyanya padaku

“iya..memang kenapa..?” tanyaku

“nah..kamu tahu gaswul fikri itu sudah ada sejak dahulu, lalu..sekarang kamu
mau apa..?” tanyanya padaku

“ya..kalau menurutku kita juga adu pola pikir yg benar dalam islam, berikut
argumen dan dasar yg kuat.”

“tapi..apakah kamu pernah dengar kalau Rasul ikutan perang pola pikir spt
mereka..?” tanyanya padaku yg mulai memancing pola pikirku juga

“hmm…maksudnya..?” tanyaku hati-hati

“mereka membuat permainan, dan kamu ikut terbawa oleh permainan mereka. Lalu
kenapa..kamu enggak ciptakan permainan kamu sendiri, dan biarkan mereka yg
ikuti permainan kamu..?” jawabnya yg sudah membuat bingung aku

“gimana caranya..?” tanyaku lagi sambil memperhatikan mimik guruku yg serius

“Lihat Rasulullah, beliau tidak banyak bicara, tapi selalu menunjukkan sikap
dan teladan beliau yg benar. Beliau tidak terpengaruh oleh permainan mereka
tapi Rasul menciptakan permainannya sendiri hingga banyak orang yg mengikuti
beliau karena teladannya.”

“lalu..gimana caranya mencontoh Rasul, sedangkan saat ini dimana kita menemukan
figure yg bisa dicontoh spt contoh Rasul..?” tanyaku mulai memancing bicaranya

“nah..buat figure itu ada pada diri kamu, hingga mereka bisa melihat dan
menunjuk bahwa itulah figure seorang muslim yg benar dan teladani Rasulullah
bagaimana Rasulullah bersikap, hingga kamu menjadi contoh bagi mereka.”

“hmm..kalau spt itu insya Allah kita semua pasti sedang menuju ke sana
kan..?lalu..bagaimana mereka bisa melihat figure muslim yg benar
itu..?sedangkan mereka tidak pernah bertemu dan melihat secara langsung
aktivitas muslim yg benar itu..? hmm..mungkin beda denganku, aku bisa secara
langsung melihat figure muslim yg dicontohkan oleh Rasul itu ada pada diri
bapak, dan aku bisa lebih mudah ketimbang mereka yg tidak pernah bertemu dengan
orang spt bapak yg selalu berusaha menerapkan dan mencotoh Rasul. Tapi
mereka..?yg selalu berada dalam satu diskusi di dunia maya dan dengan lugunya
ingin mencari ilmu agama yg benar, sementara musuh2 islam gencar sekali
menyusupi pemikiran yg salah dan sesat kepada mereka yg awam, lalu..jika
kondisinya spt itu..dimana tanggung jawab kita untuk membenarkan pola pikir yg
salah itu sebagai seorang muslim? Mosok..kita mau membiarkan aja, mereka
merusak pikiran saudara2 kita..?” protesku panjang lebar padanya

“sudah berapa kali saya bilang, agar kamu jangan ikutan diskusi di milis.
Karena apa..? karena itu hanya akan membuat bingung orang2 yg awam, mau
mengikuti yg mana..? dan kamu tahu dampak dari perdebatan kamu di milis..?itu
hanya membuat gaung musuh2 islam makin tersiar dan terkenal, mereka yg tadinya
tidak terdengar hingga ke orang awam, akhirnya semua orang awam jadi mendengar
dan jadi ingin mengetahui keributan kalian itu. Lihat…jadi sudahlah..emang kamu
pikir, hanya kamu orang yg mampu untuk mematahkan pemikiran mereka?
Jadi..sekarang pikirkanlah diri kamu sendiri dan berusahalah untuk selalu
mencontoh dan mendekati tauladan Rasul. Karena melihat figure dan menunjuk
seorang figure itu belumlah cukup..tapi..apakah kamu sudah berusaha untuk
mengikutinya..?” bicaranya panjang lebar dan mulai memasuki pola pikirku lagi
untuk berbuat

“insya Allah lah..aku selalu pingin mendekati contoh seperti Rasul dan aku juga
pingin bisa bersikap spt bapak.” Jawabku dan kemudian kulanjutkan bicaraku

“pak..dulu aku berfikir dan baru tahu betapa beratnya bergaul dgn orang bodoh,
mungkin itu juga terjadi pada diri bapak yg selalu menanggapi aku ya..?hehehe
hingga jadi satu beban pada diriku dan aku berfikir enggak mau lagi bergaul dgn
orang bodoh, karena cape..? tapi.. saat ini pikiranku sudah berubah terhadap
mereka, setelah aku bertemu dengan orang2 yg pintar tapi jahat dan selalu
menyusupkan pemikiran yg salah pada orang2 awam itu.” ceritaku yg ditanggapi
senyum2 oleh guruku

“kenapa memang..?” tanyanya guruku padaku

“iya..sekarang aku, mau lagi berteman dengan orang “bodoh/awam” itu, dan aku
mau kasih tahu sama mereka, kalau mereka sedang dibodoh-bodohi oleh orang
pintar tapi jahat itu.” Jawabku yg ditanggapi senyum dan tawa guruku

“lho..gimana cara kamu mengetahui bahwa mereka sedang membodoh-bodohi orang
awam itu..?” tanyanya yg memancing jawabanku lagi

“nah..itulah kelemahan mereka, mereka selalu menganggap dirinya aja yg paling
pintar dan paling tahu juga paling menguasai ilmu yg sedang mereka sebarkan,
mereka terlalu sombong dan menganggap diri mereka hebat dan intelek
dibandingkan yg lain, mereka lupa..kalau ternyata sebenarnya mereka enggak tahu
apa2, dan enggak mengerti apa yg mereka bicarakan. Mereka hanya meniru dan
mengutip tanpa mencari tahu. Sedangkan orang yg selama ini dianggap bodoh oleh
mereka, sebenarnya hanya belaga bodoh dan ingin mencari tahu sampai dimana
kebodohan mereka.” Jawabku enteng

“terus..gimana cara kamu mengetahui, kalau mereka salah..?” tanyanya sambil
senyum-senyum

“hehehe..ya..cari dari sumber yg dipercaya dong..?kan bapak sudah kasih semua
kuncinya sama aku..?pegang Al-qur’an, Hadist shahih, dan fiqih..?lagi pula..yg
dia ajarin itu hampir semuanya enggak perlu dan gak ada manfaatnya, kalau Cuma
membahas hal2 yg ghoib aja mah..buang2 waktu. Eh..pas dia jelasin tentang qodho
dan qodhar aja..terbolak balik, aku jadi senyum2 sendiri. Untung…aku enggak
sadis kaya bapak, yg langsung berdiri dan protes ke penceramah itu,
wah.wah..bisa hancur dunia persilatannya tuch..?” hehe jawabku sambil
senyum-senyum

“nah..itu yg salah..?kenapa kamu enggak mau protes dan betulkan pada saat
itu..?” tanyanya padaku.

“hehehe..masalahnya..aku masih mau main-main sama mereka, lagi pula..masih ada
yg buat penasaran aku tentang pelajarannya itu, dan karena sekarang dah tahu
lebih banyak..baru dech minggat..J” jawabku enteng

“pak..aku salut lho..sama pak Mustofa Yakub waktu acara bedah buku tentang
pluralisme, beliau bicara gini “kalian enggak usah khawatir dengan kami..?biar
aja mereka minta bantuan DPR, kami enggak akan ikut seperti mereka dan meminta
DPR atau siapapun yg membantu kami, karena kami bertanggung jawab hanya pada
Allah dan bukan pada siapapun, jadi kami yakin Allah lah yg akan membantu kami”
 lihat…hebat kan pak..?aku jadi ingat bapak..waktu pak mustofa yakub bicara spt
itu.” Hehehe kagumku sambil tersenyum dan manggut2 pada guruku..

“ya..memang begitulah seharusnya aqidah seorang muslim yg benar..?lalu..apa
kamu tahu, diantara 11 fatwa itu, ada larangan doa bersama..?” tanyanya padaku

“iya..tapi sebetulnya fatwa yg mau di keluarkan oleh MUI itu ada 14, hanya saja
pada saat fatwa itu dibacakan, waktunya enggak cukup, kata pak Mustofa..dan
salah satunya adalah mengharamkan semua embel-embel di belakang Islam, spt
islam liberal, islam secular, islam moderat, pokoe semua embel2 dibelakang nama
islam itu di fatwa haram juga, karena semuanya hanya memecah belah islam”
ceritaku semangat

“terus..sekarang kamu masih ikutan doa bersama gak? Atau ikut tahlilan,
mauludan, dan semuanya yg biasa dilakuin orang kebanyakan..?”Tanya guruku
sambil senyum2

“hehehe..kalau tahlilan kaga pernah tuch, soale yg bisasa tahlilan kan para
cowok? Doa bersama and mauludan itu tergantung niat masing2 dong..?waktu ikut
doa bersama arifin ilham, aku mau lihat wajahnya arifin ilham dari dekat, dan
ternyata ganteng juga dia ya..pak?hehe tapi sekarang ada yg ganteng lagi
pak..?ustadz jeffry bukhori hehehe. Tapi..sekarang semaksimal mungkin enggak
perlu dulu dech yg spt itu.?karena harus menata niat  yg benar2 dan jangan
sampe jatuh dan kaga sadar..:)” jawabku mulai adu debat dgn guruku

“tapi..mereka lebih mending..krn mereka lagi sebut2 nama Allah rame2? Lha..kamu
disini ngocol masih ketawa-ketiwi, mending mereka dong yg muji2 Allah..”sambil
senyum2 beliau biasa yg suka menguji pemahamanku lagi

“upsst..siapa bilang mereka lebih mending? Memuji Allah itu enggak perlu rame2
pak..?karena sifatnya ibadah dan jadi rahasia antara Allah dan hambaNya, emang
mereka pikir..Allah tuli apa? Dan harus dirame2in atau diteriak2in untuk memuji
namaNya?itu cenderung jatuh ke riya, kalau enggak benar2 dibetulkan niatnya
masing2 individu. Memuji Allah dengan berbisik2 dalam hati itu lebih eksklusif
dan pribadi sekali seperti antara 2 orang kekasih. Hmmm..lagi pula kita disini
juga lagi dzikir mengingat Allah dengan membicarakan kepatuhan hamba2Nya yg
sholeh..” jawabku sambil senyum2 dan ditanggapi senyum2 oleh guruku. Dan tak
lama kemudian terdengar suara adzan dzuhur berkumandang dan kita terdiam,
selesai suara adzan tak lama kemudian beliau bangkit dari kursinya

“ya..sudah..sekarang sholat dulu, adzan sudah terdengar..”ucapnya sambil
bergegas keluar ruangan

“iya.thanks ya pak..?assalamu’alaikum..” jawabku sambil mengikutinya berjalan
dibelakang dan terdengar suaranya membalas salamku, dan tubuh tegap itu sudah
menyelinap masuk ke dalam toilet.

salam:)

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/TXWolB/TM