Assalammu'alaikum wr wb,

Jika ingin belajar tentang Al-Dinu al-Islam dengan tujuan untuk lebih
mendekatkan diri, baik secara ideologi maupun dalam praktek kehidupan nyata
keseharian, maka saya menyarankan agar setiap Muslim MEMBACA tulisan-tulisan
baik yang tingkat akademisi maupun tingkat awam guna menemukan alur-alur
pemikiran yang ada dan kemudian DIPERIKSA dengan menggunakan PETUNJUK Allah
swt yang dimuat dalam Al-Quran. Sebab Allah swt sudah menyatakan bahwa Allah
mengajar manusia dengan menggunakan qolam, pena, tulisan. Pengertian qolam
bisa kita dekati dari berbagai ilmu pengetahuan sehingga kita dapat lebih
mendekati apa yang dimaksud Allah swt dengan petunjuk agar manusia MEMBACA
(IQRO'). Jika kita dengan membaca menjadi KETAKUTAN akan KETULARAN racun
pemikiran yang terkandung di dalamnya, maka akibatnya kita akan menjadi sapi
perahan atau kerbau pembajak yang hidungnya dicocok dengan tali kendali.
Kita akan bertaklid buta kepada pemikiran seseorang yang kita pandang cocok
dengan pemahaman kita atas Al-Dinu al-Islam yang kita kira, anggap, BENAR
MUTLAK. Ini berarti kita secara sukarela MEMBUANG KEBEBASAN BERFIKIR kita
demi keselamatan yang belum tentu kita peroleh. Hidup ini adalah UJIAN,
termasuk pemahaman dan pemikiran kita terhadap Al-Dinu al-Islam dan
pelasanaannya ini setiap detik diuji oleh Allah swt dan Allah swt SANGAT
MENEKANKAN AKAN TANGGUNGJAWAB PRIBADI atas semua yang kita fikirkan, kita
fahami, kita ucapkan dan kita laksanakan dalam berIslam.

Bahkan saya menganjurkan apabila memiliki ilmu pengetahuan baik ilmu-ilmu
Dinul Islam maupun ilmu-ilmu pengetahuan umum (sciences) seberapapun derajat
penguasaannya seseorang Muslim, maka BANGKITLAH untuk MEMBACA dan memikirkan
apa-apa yang dibaca itu dan menemukan kekeliruan fikiran yang disiarkan
melalui media baca dan tulis tersebut dan MELAWANNYA dengan pena. Hal ini
akan MENINGKATKAN ilmu pengetahuan setiap Muslim baik terhadap Dinul Islam
maupun terhadap hidup itu sendiri.

Wassalam,
A.M