Wa'alaikum salam wr wb,
Kalau itu jawabannya rumit pak Mohammad. Tergantung
situasi dan kondisi.
Menurut satu hadits, padang, air, dan api adalah milik
bersama. Artinya dimanfaatkan untuk seluruh rakyat.

Nah listrik itu kan berasal dari air dan api yang
merupakan milik bersama serta dibutuhkan oleh semua
rakyat. Kalau rumah gelap gulita, dijamin anak balita
pada menangis ketakutan.

Meski demikian, pengolahannya jadi listrik memerlukan
biaya. Oleh karena itu jika mampu harus membayarnya.
Jika tidak, PLN bisa bangkrut dan tidak ada listrik
untuk semua (kalau pemerintah tidak mau menanggungnya)

Bagaimana jika tidak mampu misalnya penghasilannya
hanya Rp 400 ribu per bulan sementara anak ada 4
kecil2? Haruskah dia bayar listrik Rp 100 ribu per
bulan, sementara anaknya bisa mati kelaparan karena
kurang gizi?

Di sisi lain tidak pantas jika PLN mengenakan tarif
yang tinggi ke rakyat miskin sementara uangnya dipakai
para pejabat untuk bermewah2.

Khalifah Umar ra pernah membebaskan seseorang yang
dituduh mencuri buah tetangganya karena dia miskin.
Nabi bilang, tidaklah beriman seorang yang tidur dgn
perut kenyang sementara tetangganya kelaparan. Seorang
khalifah juga rela memikul karung makanan untuk
rakyatnya yang kelaparan.

Nah dari situ kita bisa memutuskan hukum2nya.

--- mohammad_martak <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamoalikum,
> Saya mau tanya apakah hukum mencuri arus listrik??
> karena masalah ini
> sudah menjadi masalah yang bukan rahasia lagi di
> public namun karena
> sedikitnya referensi banyak orang2 yang mencuri arus
> listrik tanpa tau
> hukum yang sebenarnya,.. saya sendiri ingin bertanya
> kalau keuntngan
> listrik yang masuk ke pemerintah itu dikorupsi atau
> dibuat maksiat
> oleh pihak2 tertentu apakah hal ini dapat menjadikan
> listrik halal
> [...]

Tertarik masalah Ekonomi? Mari bergabung ke milis Ekonomi Nasional

Yahoo! DSL – Something to write home about.
Just $16.99/mo. or less.
dsl.yahoo.com