yang saya ketahui, dari al-Qur'an tidak ada penjelasan tentang keharaman
hewan tikus, Qur'an cuma menyebutkan makanan haram itu darah, bangkai,
daging babi, yang disembelih tanpa menyebut nama Allah ( untuk ayat ini ada
dua penafsiran; (1) binatang yang disembelih tanpa menyebut nama ALlah (2)
binatang yang disembelih untuk tujuan yang dilarang oleh Allah, misal; untuk
sesajen).

sedangkan hadits hanya menyebutkan ciri2 tertentu yaitu hewan yang bertaring
dan berkuku tajam. bagaimana dengan tikus?? kalo saya pribadi berpendapat
haram, karena binatang tikus itu bertaring, berkuku tajam, menjijikkan, dan
ada unsur penyakitnya (untuk yang terakhir ini, mungkin teman2 dari
kedokteran bisa menjelaskan).

fenomena bakso tikus, merupakan upaya sebagian orang yang ingin mendapatkan
untung besar dengan jalan pintas. hari ini (sabtu, 7 januari 2006) Trans TV
dalam reportase sore, kembali menayangkan ulang soal bakso tikus atas
permintaan pemirsa. dan yang paling menjijkkan, mereka yang menjualnya tidak
pernah memakannya karena itu dia tidak bisa membedakan bakso yang sudah
jadi, apakah daging tikus atau daging lainnya.

buat teman2 milist, mungkin bisa menginformasikan daerah2 yang selama ini
dicurigai menghasilkan bakso tikus. dan kalo tidak salah dalam reportase
trans TV sore, daerah itu di Jawa Barat (pangandaran????) karena ketika
menyebut lokasi, Trans TV meng-cutnya.

mungkin itu informasi dari saya, terima kasih. wallahu a'lam bisshowab...