Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Pak Yusa,

Mohon maaf kepada semuanya anggota milis jika ada yang tidak berkenan
dengan tulisan-tulisan saya. Bukan bermaksud untuk memperuncing perbedaan,
karena disadari bahwa setiap orang mempunyai keyakinan berbeda
berdasarkan tingkat pengetahuan kita dan apa yang pernah dia terima

Karena Sufi dan Ahlussunnah tidak bisa sepaham, ya TIDAK PERLU LAGI
DIPERDEBATKAN, apalagi saya melihat diskusi ini bukan sebagai sarana
pembelajaran,
bukan sebagai sarana saling nasehat-menasehati sebagai saudara seiman,
tetapi masing-masing hanya bersikukuh atas pendapatnya sendiri-sendiri,
dan bahkan ada yang berargumen tanpa didasari dengan ilmu.

Karena saya tidak faham dengan Sufi, maka saya tidak bisa menjelaskan banyak
ttg Sufi
Tentang do'a Sayyidah Rabi'ah al-'Adawiyyah saya juga tidak tahu maksudnya,
mungkin kiasan , tapi mungkin juga itu merupakan sikap ghuluw (berlebihan)
dari
para pengikut sufi.

Yang saya tahu dulu memang tidak dilarang orang bersikap zuhud, tetapi pada
perkembangannya sudah
banyak menyimpang dari ajaran Islam.

CMIIW

Wassalam,