dari : As as
  (Asmaul Husna)

  Don't worry, Harry, I always walk all my talkings. Wanna join ?

  Asmaul Husna

Harry Sufehmi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  On 1/10/2006 at 11:38 PM as as wrote:
>Wa'alaikum salam wr wb.
>Hendaknya janganlah mengeksploitasi pengajaran sholat itu untuk mencari
>nafaqoh. Meskipun di Hotel Sahid dengan segala macam kelengkapan yang
>diperlukan untuk pengajaran itu, biayanya sesungguhnya masih jauh di bawah
>Rp 550.000,- seorang. Jadi jangan mengelak kalau panitia memang mencari
>profit di sini.

Walaupun saya pribadi merasa perlu waspada dengan yang demikian ini (ref: surat
Abasa), tapi saya melihat ada sisi baiknya dari acara-acara komersil seperti
ini.
Yaitu, dakwah Islam jadi bisa sampai kepada pihak yang berkelebihan.

Kalau golongan ini bisa jadi menerima dakwah, karena dikemas dengan bagus
seperti itu, maka saya kira umat ini juga yang akan di untungkan.

Yang penting mungkin adalah karena berusaha berdakwah kepada yang mampu, jangan
lantas jadi mengabaikan yang tidak mampu. Soal ini khusus diturunkan menjadi
satu surat, Abasa.
Kalaupun ybs tidak bisa (terutama mungkin dari segi waktu) untuk berdakwah
kepada yang kurang mampu, bisa misalnya dengan mangatur agar ada murid-muridnya
yang melakukan itu. Sehingga nikmat dakwahnya bisa terasa oleh siapa saja.
Dan malah mungkin jadi lebih menyebar dakwahnya - kalau tadinya hanya beliau
sendirian yang berdakwah; kini karena ada kelebihan rizki, maka jadi bisa ada
banyak pendakwah (yang dibiayai oleh rizki tadi).

>  Maka janganlah mencari upah dengan mengajarkan sholat. Rasulullah saw
>pun tak pernah mengutip bayaran. Mau dicari hadis manapun tak pernah ada
>yang mengajarkan sholat dengan memungut bayaran. Maka tidak usah membuat
>budaya baru yang akan membuat Islam ditertawakan.

Siapa yang menertawakan ? Saya sih justru senang kalau dakwah bisa mencapai ke
semua pihak; baik yang mampu maupun yang tidak mampu.
Apakah orang yang mampu tidak berhak untuk merasakan nikmatnya sholat khusyu' ?
 :-)

Tapi dakwah untuk mereka memang perlu dikemas dengan khusus. Seperti juga
dakwah bagi yang tidak mampu - kalau kita adakan di hotel bintang 5, justru
bisa pada keder duluan yang mau datang :-)  bisa-bisa pada tidak jadi datang
karena malu.

Jadi untuk setiap target dakwah, kadang perlu dikemas dengan kemasan yang
berbeda lagi, agar dakwah jadi bisa lebih diterima oleh mereka.
Yang penting, isinya tetap sama.

>  Banyak Masjid dengan AC dan cukup mewah di Jakarta ini yang pasti akan
>dengan senang hati akan menerima program pengajaran sholat dengan gratis.
>Kalau mau makan siang, biarlah makan siang sendiri2 mencari warung sekitar
>Masjid. Pasti dengan senang hati umat Muslimin Muslimat melakukannya.
>Transportasi ? Jelas harus membayar sendiri Ustadznya, tak perlu mencari
>Ustadz yang manja. Semua tanggung sendiri. Tak usah ingin menjadi merasa
>hebat mau pelatihan di Hotel Sahid.

Gampang juga ya, semuanya serba pasti begitu... nah sekarang begini saja, coba
Anda lakukan apa yang Anda katakan tadi itu.
Kata orang bule, "don't just talk the talk, do walk the talk".

Salam,
Harry

        Beyond belief   Islam online   Nation of islam     Media