Benar MLM itu sampe puncak karena usaha sendiri dan MLM itu cuma sebuah
sistem distribusi saja, tapi bukankah, setiap orang yang masuk MLM
dirangsang keinginnannya untuk memiliki barang2 mewah, sedangkan secara
ideal tetap saja produksi barang2 mewah itu tidak mampu memenuhi semua
keinginan anggota2 MLM tadi, tetep saja ada orang yang berhasil mendapat
barang2 mewah tadi cuma segelintir orang saja.

Kalo anda bilang itu sesuai dengan hasil kerja kerasnya, barangkali iya,
tapi aku yakin biar semua orang Indonesia ikutan MLM yang sama, itu barang2
mewah rangsangan tetap dimiliki oleh sedikit orang saja.

Dan apakah kalo semua orang Jakarta jadi anggota satu MLM apakah lantas
semua orang Jakarta sejahtera ?!?!?!?!  Tentu saja tidak ..............

Bagi saya MLM ini cuma langkah spekulasi (dalam Islam disebut sebagai
Ghoror) orang2 yang bermental judi, kalo mau membangun sistim MLM boleh2
saja tapi ya mbok dihilangkan itu iming iming barang2 mewah
.................................  yang wajar saja jual beli barang, dengan
harga yang wajar (bukan dengan harga setinggi langit) tanpa iming2 apapun
dan berprinsip pada tukar menukar yang adil ........................

Wallahu'alam

                    "Iwan Jamhari"

                    <[EMAIL PROTECTED]        To:
<media-dakwah@yahoogroups.com>
                    iri.co.id>                    cc:

                    Sent by:                      Subject:     FW:
[media-dakwah] (Terima kasih atas masukan untuk...):
                    [EMAIL PROTECTED]        Halalkah usaha ini....?

                    ps.com

                    25/01/2006 09:16

assalamu'alaikum

boleh komentar sedikit ?

ini adalah bentuk usaha dengan penuh pengharapan, memang kecil nilai yang
keluar dan berharap nilai yang besar untuk feed backnya... ada rasa ihklas
saat transfer... dan sebaliknya penuh pengharapan yang berbuntut sumpah
serapah saat tidak menerima feed back nya....

untuk susunan level yang pa nizami sampaikan.. mungkin saya ingin memberi
pendapat... dalam MLM itu disebut jaring laba-laba ... itu dibentuk dengan
ada usaha yang dilakukan oleh indvidual itu sendiri dan juga dengan bantuan
up line nya... untuk level terbawah yang bapak nizami sampaikan bahwa tidak
akan dapat apa2... itu tidak benar.... dalam hal ini tidak ada istilah
level terbawah... itu karena ybs belum membangun usahanya dalam membentuk
jaring laba2... jadi kesimpulannya hasil yang dia terima adalah sesuai
dengan usaha yang dia lakukan juga....

saya memang tidak bergabung dengan MLM manapun.. hanya saja saya meluruskan
bahwa seperti itulah kerja MLM... sebenarnya tidak ada yang dirugikan...
diri mereka sendiri lah yang sebenarnya membuatnya tidak dapat apa2
dikarenakan tidak ada usaha yang dilakukan dalam membangun jaringan
dibawahnya......

seperti deret perhitungan angka 0,1,2,3, .......dst.... tidak ada akhir....
begitulah kalau dalam membangun usaha tersebut...

                                           1
                                          2  3
                                         4  5  6  7
                                        8  9  10 11  12
                                      13  14  15  16  17  18
                                    19  20   21  .................. dst

begitulah pa nizami.... saya jujur kurang setuju dengan pendapat bapak yang
mengatakan bahwa ini penipuan dan haram.

saya bukan membela MLM tapi saya hanya melihat dari segala sisi.... yang
intinya SEMUA ITU DILAKUKAN DENGAN USAHA, dalam membentuk level-level
tersebut mereka berjuang melawan cuaca untuk memberikan presentasi kepada
calon dibawahnya dalam susunan level jaringan tersebut...

maaf... mungkin saya yang salah.....mohon diluruskan..... dan yang benar
itu hanyalah dari ALLAH SWT.

wassalam

Iwan