From: "lilik yuliantara" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <media-dakwah@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, February 02, 2006 11:25 AM
Subject: [media-dakwah] Islam jadi jawa

> Assalamu'Alaikum Wr.Wb,
>
>   Ada suatu anekdot, mengapa kalau Islam datang ke Sumatra, kalimantan dll
maka Sumatra dll jadi Islam tapi kalau Islam datang ke jawa, Islam jadi
jawa. Kalau kita lihat TBC(Tahayul, Bid'ah, Churafat) sangat merajalela di
daerah jawa. Dari kehidupan sehari2 sampai peringatan hari besar Islam tak
pernah lepas dari yang namanya penyakit TBC itu. Terakhir kita lihat
peringatan 1 syuro, yang diadakan disana penuh dengan atraksi kemusyirkan.
Kalau saya berpendapat mengapa fenomena itu terjadi, yaitu :

>   1. Sifat character dari masyarakat Jawa yang budaya nenek moyangnya
mengakar begitu kuat sehingga tidak heran mereka lebih menghargai peringatan
7 bulanan dibanding  qeqahan dan itu baru satu contoh. Masyarakat jawa
begitu nunut kepada tradisi dan pemimpin(bisa Kyai).
>   2. Metode yang digunakan para Wali songo yang kurang tepat menyebarkan
agama Islam kepada mereka. Saya tidak bermaksud mengugat jasa atau kebaikan
para wali songo yang begitu mulia. Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama
Islam groundnya adalah halus tapi tegas. tegas disini adalah tidak pernah
kompromi memasukan agama Islam dengan tradisi bangsa Quraish yang jahiliah.
Ketika petinggi Quraish menawarkan agar Rasulullah mengakui tuhan mereka,
dan mereka mau mengakui ALLAH maka Rasulullah tegas menolak. Lebih baik
penyebaran Islam perlahan tapi pasti dan murni(tidak bercampur dengan TBC),
karena aqidah itu fondasi Islam. Mangkanya kalau didaerah Sumatra contohnya,
mereka langsung diajarkan oleh pedagang-pedagang Arab, gujarat(pesisir
pantai) yang mengajarkan Islam murni tidak bercampur dengan TBC.
>   Para Wali songo menyadari bahwa yang dihadapi adalah masyarakat Jawa
yang primodial dan sangat kuat budaya nenek moyangnya, sehingga ajaran Islam
disusupkan di budaya mereka spt atraksi wayang, peringatan kematian(sekrang
disebut tahlilan), sehingga ajaran Islam menjadi cair disana, dan setelah
para wali songo meninggal maka tradisi campuran itu menjadi kuat dan
menjadikan stigma bahwa itu juga dari ajaran Islam karena dari wali songo.
Kalau ada yang bilang, semua itu terjadi karena Wali songo keburu meninggal
sebelum meluruskan, maka jawaban ini kalau menurut saya kurang tepat, karena
ajal seorang bisa sewaktu-waktu tercabut,jadi seahrusnya dari awal
pengajararnya harus benar-benar murni, karena Rasulullah SAW sendiri tidak
pernah membaurkan ajaran islam dengan tradisi Jahiliah karena alasan diatas.

>   Saya tidak bermaksud mengugat wali songo, hanya menelaah mengapa islam
datang ke jawa, malah Islam menjadi jawa. Apakah ada bisa menjawab itu.
rasanya tidak cukup kalau memberikan alasan bahwa karakter jawa memang spt
itu.