Saya sedikit tertarik dengan masalah ini, dan mencoba sekilas menelusuri
tentang salah satu list yang diberikan, yaitu Jami'al-Tavarikh (Compendium
of Chronicles).
Ternyata buku ini ditulis atas perintah seorang Mongol, Ghazan Khan kepada
seorang Persia, Rashid-Al-Din, untuk menuliskan sejarah Mongol.
Sejarah itu kemudian ditulis menjadi 3 bagian, Bagian pertama tentang
catatan perjalanan Mongol yang dimulai dari Genghis Khan.
Bagian kedua bercerita tentang kehidupan masyarakat Eurasia. Sedangkan
bagian ketiga tidak ditemukan skrip aslinya, tetapi diduga ditulis dengan
bahasa Persia kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Arab, Mongol, dan
Turki.
Kisah Nabi Muhammad asw. sendiri terdapat di bagian kedua. Bagian itu juga
menceritakan tentang kaum Yahudi, Iran, dan China.
Untuk karikatur/illustrasi sendiri, ada ratusan illustrasi yang digunakan.
Saya tidak menemukan keterangan adanya gambar Nabi Muhammad asw., tetapi ada
contoh illustrasi untuk Nabi Musa a.s.
Mari kita coba kaitkan dengan sejarah khalifah Islam pada masa itu (1300an
M). Ada apa dengan khalifah Islam pada masa itu?
Saya sendiri baru belajar tentang sejarah Islam, tapi belum sampai ke tahun
tersebut,..... masih di jaman Nabi :)
Mohon masukan dari rekan-rekan yang lebih mengerti sejarah Islam.
Apakah Rashid-Al-Din itu benar2 seorang muslim yang taat kepada Allah SWT
dan Rasul, atau hanya taat kepada Ghazan Khan?

Wallahu a'lam.

Wassalamu 'alaykum..
Iwal Islamuddin

nb: sumber2 dari Mas Tommy bisa ditelusuri lewat search engine.