Assalamu'alaikum wr.wb...
  Pak Ridawan dan Mbak hana ( pak ridwan koq blom tahu ya suhana itu Ibu r mbak
) Bu hana r Mbak hana udah menyampaikan dalil dan alasan tentang sutrah dan
adab melewati orang sholat. Dan pak ridwan memberikan argumentasi bagaimana
jika kondisionalnya di tanah haram r madinatul munawaroh.
  kemudia Pak Ridwan dan mbak hana saling berargumen dengan sedikit kerancuan
namun saya yakin anda berdua sudah memahami harus bagaimana menyikapi dan
mengamalkan hadist tersebut.
  coba anda berdua baca e-mail dari Kang Enduy yang menurut saya itu lebih
bijaksana artinya hadist tersebut memang harus dilaksanakan semaksimal mungkin.
betulkan mbak hana ??? hanya jika kondisi di tanah haram r madinatul munawaroh
yang penuh sesak artinya tidak memungkinkan kita untuk mengamalkan hadist
tersebut secara maksimal, seharusnya kita berijtihad sebaik mungkin dengan
tanpa melupakan hadist2 tadi, artinya jika memang sangat terpaksa kita harus
melewati orang yang sedang lewat maka lewatlah dengan ahsan dan tidak melompat2
karena pasti bisa dilakukan dengan hal tersebut.
  jadi kita tidak terlalu kaku untuk mengamalkan hadist tersebut tapi kita juga
tidak boleh mengabaikan hadist tersebut dengan misalnya cuek saja melewati
orang yang sedang sholat padahal kondisinya tidak seperti di tanah harom dan
madinatul munawaroh.
  bagaimana ? apakah anda berdua akan saling berbantah2an lagi... ? anda berdua
sudah dewasa dan sama2 ngerti harus bagaimana jadi jangan terlampau mendebatkan
hal2 yang kurang perlu. masih banyak perkara dan urusan serta persoalan yang
harus kita hadapi untuk umat islam ini.
  mari rapatkan shaf kuatkan tali ukhuwah islamiyah. ( dengan sebesar2nya maaf
saya menuliskan ini semoga Allah selalu memberikan hidayahNya kepada kita dalam
memahami dan mengamalkan serta menyebarkan islam dimuka bumi Allah ini )
  Wassalamu'alaikum wr.wb.

Muhammad Ridhwan Iwan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  maaf nih pak hana dan member milis yang lainnya, saya agak bingung dengan
tulisan pak hana dibawah ini, mengapa harus ber-istighfar dan berlindung dari
fitnah dan kejahatan orang-2 jahil ? apakah maksudnya ditujukan kepada diri
saya ? dan maaf sekali lagi, saya tidak menuduh pak hana berbuat sesuatu yang
tidak baik, tetapi mengapa pak hana menulis "jadi intinya adalah..karena anda
mendapat jawaban yg tidak sama dengan keinginan anda, lalu anda melempar
tuduhan itu kepadaku.".

sekali lagi maaf, sepertinya dalam tulisan saya (coba periksa lagi) tidak
melempar tuduhan kepada pak hana maupun orang lain, dan saya juga bisa memahami
adanya perbedaan pada diri saya dan orang lain.

  justru saya jadi heran, kenapa saya bertanya kepada pak hana dalam tulisan
sebelum ini, yaitu "Bila pak hana menunaikan ibadah haji dan terkondisi seperti
itu, saat tawaf yang kebetulan ada orang sedang sholat apakah berhenti menunggu
orang tsb selesai sholat atau langsung melewatinya ?" apakah pertanyaan saya
itu yang dimaksud melempar tuduhan ? Bila pertanyaan itu tidak dijawab maka
saya juga tidak memaksa, jadi mohon maaf bila tidak berkenan.

  terus terang saya belum nyambung dengan tulisan pak hana. Mungkinkah dari
teman-teman di milis ini yang bisa menjelaskan mis-understanding ini ?

  terima kasih
  iwan

suhana032003 <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
  Astagfirullah al'adziem.. ya Allah aku berlindung dari segala fitnah
dan kejahatan orang2 jahil

maaf pak ridwan, kenapa anda buruk sangka spt itu?? kenapa anda jadi
berfikir bahwa aku spt sangkaanmu?? kalau anda, sudah tahu jawaban yg
sebelumnya anda tanyakan, lalu kenapa anda perlu bertanya lagi?? dan
setelah kami menjawab dengan semua dalil yg diberitakan mengenai
batasan sholat,dan anda masih saja mencari2 jawaban yg sesuai
keinginan anda kah..?? jadi intinya adalah..karena anda mendapat
jawaban yg tidak sama dengan keinginan anda, lalu anda melempar
tuduhan itu kepadaku.

makanya dari awal, kami selalu menjawab dgn dalil hadist shahih dan
anda masih ngotot dan oleh karena itu aku ganti bertanya, apa
sebetulnya yg anda inginkan dari pertanyaan anda tsb?? silahkan
lakukan apa yg ingin anda lakukan, tugas kami sebagai seorang muslim
untuk menjawab sudah kami lakukan dan selanjutnya silahkan anda
berfikir sendiri. karena bagiku..Rasulullahpun tidak pernah
mengajarkan kita dengan niat untuk bertingkah seenak2nya walau dalam
keadaan darurat sekalipun. makanya aku tanya, anda itu terjadi dengan
diri anda, apakah anda juga akan melakukan hal yg sama spt guru anda
tsb??menginjak, melompat, dan melintasi orang yg sholat?? berarti
guru andapun harus banyak belajar bila benar yg spt anda ceritakan,
apakah niat dia yg menginjak dan melompati tsb?? apaka disengaja or
karena di dorong or lain sbagainya??

karena guruku selalu mengajarkan, bahwa kita tidak menanggung
perbuatan orang lain, tapi perdulillah dengan perbuatan kita terhadap
orang lain. semoga nasehat guruku tsb bisa diambil pelajaran di
mengerti isinya oleh anda.

sekali lagi, silahkan anda lakukan apapun yg ingin anda lakukan,
bagiku sudah selesai menjelaskan dengan dalil2 shahih, karena bagiku
perbuatan anda dengan segala niat anda bukan urusanku.

--- In media-dakwah@yahoogroups.com, Muhammad Ridhwan Iwan
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> maaf pak hana, bila membaca tulisan pak hana sepertinya pendapat
saya membuat pak hana tidak senang. Sebenarnya pertanyaan pak hana
tentang bagaimana sikap saya sudah jelas dalam tulisan sebelum ini,
karena kondisi yang menyebabkan terjadi seperti itu, seperti yang
diceritakan oleh ibu Enny.

>   Bila pak hana menunaikan ibadah haji dan terkondisi seperti itu,
saat tawaf yang kebetulan ada orang sedang sholat apakah berhenti
menunggu orang tsb selesai sholat atau langsung melewatinya ? kondisi
seperti itu telah diceritakan oleh Ibu Enny, yaitu Setelah melakukan
tawaf........biasanya kita sholat di dekat maqom
Ibrahim  .........disini tidak mungkin kita tidak dilewati  orang
sebab tempat itu 24 jam dilewati orang untuk tawaf........meski
sudah minggir mencari tempat yang jauh dari  situpun kecil
kemungkinan untuk tidak dilewati orang,meski ditaruh pembatas
biasanya orang-orang seenaknya melangkah menginjak sajadah  persis
didepan muka kita.

>   Coba deh tanya ibu Enny....
>
>   terima kasih
>   iwan
>
> suhana032003 <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
>   hhmm..bisa tolong dijelaskan menurut anda sendiri bagiaman
sebaiknya
> sikap anda, bila anda mengalami hal yg spt anda tanyakan tsb??
apakah