--- dodi indraswanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> ilmu
> masalah hadits ini sebelumnya, semoga akan menjadi
> amal sholeh bagi ibu. Amiin.
> Do'akan saya agar diberi petunjuk Alloh untuk
> memahami
> ilmuNYA,khususnya masalah Hadits ini.
> Oh iya, ibu, saya minta tolong boleh yaa,tolong
> tengok
> lagi hadits/perkataan :" Hubbul wathon minal
> iman, di buku " Dalilul Falihin oleh Syaikh Ibnu
> 'Allan as-Shiddiqi.
> Juga pada kitab Al Maqosid Al Hasanah fi Bayani
> Katsirin min Al Hadits Al Masyhurah ala As – Sinah,

Mengenai buku Al Maqosid Al Hasanah fi Bayani
 Katsirin min Al Hadits Al Masyhurah ala As – Sinah,
 oleh Syamsudin As Sakhawi

Al alaamah assyeikh Muhammad Abdurrahmaan  Syamsuddin
Asshakhaawi wafat tahun 902 Hijriyyah. Sudah saya
sebutkan sebelumnya, beliau sama sekali tidak
mengatakan perkataan "Cinta Tanah air sebahagian dari
Iman" adalah sebuah hadist. Beliau mengatakan " Aku
tidak menemukannya(sanad atau perawi hadist tersebut),
meski maknanya benar. Dan beliau menjelaskan beberapa
penjelasan ulama lain mengenai hal ini, dan itu sudah
saya terangkan juga.

Mengenai buku " Dalililfaalihin lithuruqi
riyaadhusshaalihin ". Oleh Muhammad Ali bin Muhammad
'Alan bin Ibrahim Albakri AsShiddiiqi, Al Makki",
wafat tahun  1057 Hijriyyah, ada dua penerbit
kedua-duanya cetakan Beirut.Satu Pustaka Darul Fikri
ada empat jilid, kedua pustaka Ibnu Hajm satu jilid
tebal sebanyak 1889 halaman ".

Dalam Bab Jihad, saya tidak menemukan perkataan
tersebut.

Dalam Buku " Syarah(penjelasan) Riyadhusshaalihiin
Maktabah Darussalam Mesir oleh Imam Zakariyya Yahya
Annawawi  wafat tahun 676 Hijriyyah hal 1427
mengatakan  Ini tidak benar, dan didalam
pentahqiqannya dijelaskan hadist ini maudhu'.

Saya kira sudah cukup jelas. Bisa di chenck ulang
Kitab Dalilil faalihin yang mana yang dimaksudkan,
cetakan mana dan oleh siapa serta bab apa perkataan
itu adanya. Kalau ada, silahkan cari sanad atau
perawinya, harus dijelaskan derajat hadist tersebut.

Semoga kita lebih hati-hati menangkapi permasalahan
hadist ini dan dalam hal beribadah, hendaknya
benar-benar memiliki ilmu didalamnya, dan semoga kita
dihindari dari berbicara hal-hal yang kita tidak
mengetahui ilmu didalamnya, sesuai firman Allah : "
Dan janganlah kamu berbicara akan hal-hal yang kamu
tidak memiliki ilmu didalamnya, karena pendengaran,
penglihatan, dan hati semuanya akan diminta
pertanggung jawabannya".

Wassalamu'alaikum. Rahima.