Bener mba Maya, Allah yang berhak utk mengukur itu.
Kita cuma bisa ngikutin petunjuk Allah aja.
Misalnya gini, ciri orang beriman gimana, orang fasik
gimana, orang munafik, orang kafir, itu semua
disebutin di Al Qur'an. Itu semua Allah yang nentuin.

Misalkan saya mengatakan ada Tuhan selain Allah, maka
bila mba Maya bilang saya musyrik, maka mba Maya gak
salah. Lah itu Allah yang ngasih tau, melalui Al
Qur'an.

Kita gak perlu menghakimi atau jadi penilai, kita
hanya bisa menilai dengan petunjuk yang Allah berikan.
Kalo ada orang sok baik, kita gak tau sebenernya dia
baik apa engga. Ada yang sok miskin, jangan-jangan dia
kaya.
Ada yang ninggalin shalat or gak taat aturan agama, ya
nilainya sebagaimana yang Allah beritahu kepada kita
melalui Al Qur'an, walaupun kita gak tau niat dia gak
taat itu apa. Gak perlu kita lebih-lebihkan, jangan
juga kita kurangi.

Allahu'alam.
Khidir.

=== message truncated ===