Ass Wr Wb

  Sebagai tambahan , secara sederhana pembahasan tentang hadist Dha'if dan
Palsu termasuk beberapa diantara yg palsu tersebut ada dalam buku karangan
Syaikh Ahmad Surkati berjudul Hadist hadist palsu.
  Bukunya tipis, enak dibaca terutama bagi yang masih awam dan belum mampu yg
jlimet jlimet spt saya. Terima kasih.

  Wass Wr Wb

Rahima <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

Wa'alaikumsalamwarahmatullahiwabarakaatuhu.

Iyah benar, tetapi bagi yang tidak tahu
"afallahu'ammaa salaf"( Allah memaafkan yang telah
terdahulu).

Berbicara masalah hadist dha'if atau juga palsu ini,
banyak sekali. Mungkin seiring dengan waktu dan
diskusi, kalau ada kesempatan, dan bila kebetulan saya
memang membaca postingan netters tersebut, insyaAllah
saya coba membantu mencarikan derajat hadistnya.

Sebenarnya lebih mudah zaman sekarang untuk mencari
derajat hadist tersebut, asalkan kuncinya, kita tahu
aja bahasa Arab, jadi bisa menterjemahkannya.

Caranya kalau tidak memiliki buku-bukunya, bisa beli
CD hadist, kan jauh lebih murah? Masak buat
jalan-jalan ke mall, jajan, apalagi kalau mentraktirin
..."...", dan apalagi yang kalau merokok, kita punya
duit, beli CD hadist saja kita ngak bisa?

Dan harus ada key board Arab, meski ngak ada keyboard
Arab, katanya bisa di stell??.Orang komputer lebih
tahu akan hal ini.

Kemudian, bila ada yg ingin dicari akan suatu hadist
tinggal tekan saja satu kata hadist itu, akan keluar
semuanya yg berhubungan dgn kata2 tersebut, makanya
cari yg aneh katanya, biar sedikit keluarnya, jadi
ngak capek mencari hadist yang dimaksudkan.

Dari sana kita bisa melihat derajat hadist, penjelasan
ulama serta hukum fiqhiyahnya sekaligus, hanya dengan
satu cd saja.

CD hadist cukup banyak, ada yang berbicara tentang
hadist maudhu' saja, atau palsu, ada shahih saja,
tarajim perawinya, sejarah hidup mereka, dan macam2
lagi.

Kalau saya pribadi, punya kedua-duanya, CD dan
buku-bukunya, jadi setelah lihat dengan mudah di CD,
kemudian lihat langsung dibukunya. Karena CD bisa jadi
ada yang tertinggal, ngak lengkap, dan CD gampang
rusak, makanya tidak bisa jadi jaminan untuk seumur
hidup, sebagaimana buku, walaupun buku juga bisa
hilang, rusak, terbakar dsbgnya, tapi tingkat
kerusakan lebih tinggi di CD ketimbang di buku.

Di buku kita bisa lihat footnotenya, muhaqqiqnya dan
banyak lagi, CD bagi saya pribadi hanya sebagai alat
bantu mempermudah mencari saja, kalau ingin yakin,
saya pasti lihat buku aslinya, itulah referensi saya
selama ini.

Selain CD2.Ada beberapa buku.

Untuk buku hadist shahih Bukhari dan Muslim, juga Al
Mustadrak lisshahihaini, oleh Imam Hakim, Sunan
Nasai(imam Nasai, terkenal ketat), Imam Attirmidzi,
Abu Daud, Imam Ahmad bin Hanbal, Muwattha' Imam Malik.

Sebaiknya masing-masingnya kita memiliki sekaligus
penjelasannya, masing-masing buku diatas ada
penjelasannya.

Untuk hadist dha'if silahkan miliki buku silsilah
hadist dha'if oleh Imam Nasruddin AlBani, meskipun ada
beberapa hadist oleh Imam Al Bani itu dha'if, di ulama
lainnya tidak, tapi itu sangat sedikit sekali.

Untuk hadist maudhu' sekaligus dha'if silahkan lihat
dibuku khusus " Al Maudhuu'aat" oleh Imam Ibnu
Ajjauzi.juga " Allaaii almasnuu'ah filahaadis Al
Maudhuu'ah " oleh Imam Assyuyuthi".

Untuk hadist2 atau Atsar yang terkenal oleh kalangan
ummat islam, namun ternyata ia hadist dha'if atau
maudhu(palsu), atau itu hanya sekedar kalam salaf,
silahkan miliki buku2 referensi yang sudah saya
sebutkan pada saat diskusi masalah hadist dha'if dan
maudhu' kemaren.

Saya kira cukup itu, buat sementara, meski buku hadist
sangat-sangat banyak, sejalan dengan tulisan dan
diskusi kita akan kelihatan dalam tulisan saya
referensi buku-buku hadist ataupun lainnya yang perlu
kita miliki. Buat apa kita miliki harta banyak, karena
harta tidak dibawa kekubur, lebih baik memiliki buku
banyak, dibaca difahami diamalkan, karena itulah yang
akan dibawa kekubur. Ilmu yang bermanfaat.

Bagaimana kita memiliki ilmu yang bermanfaat, kalau
alatnya kita tidak punya. Alat nya adalah buku
tersebut. Zaman sekarang bisa saja melalui internet,
apalagi kalau finansial kita tak memadai, namun saya
pribadi, kalau ada duit, fulus, money, so, why not? we
buy something is very important as long as our life,
kepuasan ilmu itu bagi saya bila di analisa dan
diteliti sendiri, lain melihat dikomputer dengan
membaca buku.

Itu sudah saya rasakan, makanya saya pulang kelak,
bukan harta yang akan saya bawa, meski suami kerja
dikedutaan, yang katanya alhamdulillah duit cukup,
tetapi ilmulah yang akan saya bawa kelak, jangan heran
kalau melihat kehidupan saya cukup sederhana kelak di
Indonesia, rumah biasa saja, apalagi perabotannya,
saya inginkan dirumah saya kelak dipenuhi oleh para
penuntut ilmu yang haus akan ilmu-ilmu agama.

Wassalamu'alaikum, sekedar berbagi cerita saja.

Rahima.(36 thn)

http://mail.yahoo.com

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM