Bismillahirrohmaanirrohiim,
Mohon ijin menambahkan saja dari yang disampaikan oleh mbak Hana.
Wujud akhlak ini adalah amal.
Nah, yang ingin dituju, jika refernya Al Qur'an, adalah Amal Shaleh.
Sebagaimana penjelahan dari mbak Hana tentang Akhlak, maka disini juga
terkait, Amal yang baik, belum tentu Amal sholeh.
Unsur Amal adalah Niat, Pemikiran, lalu Perbuatan.
Yang disebut Amal Sholeh adalah jika Niatnya Lillahi Ta'ala (ada unsur
Iman), pemikirannya selaras bagi kepentingan sesama, dan perbuatan
berguna bagi manusia lainnya.
Amal baik, bisa jadi Niatnya tidak Lillahi Ta'ala, pemikiran selaras
bagi sesama, dan perbuatannya berguna bagi manusia lainnya.
jadi, bedanya ada pada niatnya...

Kutipan salah satu ayat QS Al Baqoroh, ayat 57 :
"Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shaleh, kelak
akan Kami masukkan mereka ke dalam surga yang di dalamnya mengalir
sungai-sungai; kekal mereka di dalamnya; mereka di dalamnya mempunyai
isteri-isteri yang suci, dan Kami masukkan mereka ke tempat yang teduh
lagi nyaman."

Demikian sedikit tambahan dari saya, mohon maaf jika membingungkan,
jika ada kesalahan dari saya, hanya Alloh sajalah yang Maha Benar.

wasalamualaykum wr.wb.

dodi indra
yangbarubelajarhidup
10