Pak Iskandar, boleh saya forward ke milis lagi kan..

Wah terima kasih sekali pak atas bahasannya..
sekalian saya mau nanya, maklum masih penasaran...
saya kutip lagi untuk ayat 68 dari surat Al-Furqon :

 68. Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan
 tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan
 (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang
 demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya),

nah disini kan yang didalam kurung kan pembalasan, jadi sebenernya
pembalasan ini gak ada dalam terjemahan aslinya..
jadi kalo misalnya yang didalam kurung kita hilangkan sementara, akan
mempunyai arti orang yang tidak meyekutukan Allah, tidak membunuh jiwa yang
haram, tidak berzina niscaya dia akan mendapat dosa.....ini yang bikin saya
bingung.

sebenernya kalo disambung dengan ayat yang 67, maka akan bertambah lagi
syaratnya selain yang diatas....

saya berpikir, mungkin ada keterkaitan dengan ayat selanjutnya, tapi saya
kok tidak menemukannya ya.
seperti surat Al-Ma'un ayat 4

 Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,

tapi kalo ayat ini kan langsung diberi penjelasan pada ayat selanjutnya,
jadi mereka yang lalai akan sholatnya yang akan celaka.

Maaf jika ada kekeliruan, ini karena keterbatasan ilmu saya, mohon
penjelasannya.

Asrofi

"ISKANDAR JUSUF" <[EMAIL PROTECTED]> on 14/06/2006 16:29:31