Dari www.syariahonline.com <http://www.syariahonline.com/> , mudah2an
bermanfaat.

Tayammum, Bagaimana Caranya?

Assalamu'alaikum wr. Wb.

Saya sering membaca buku tentang tayammum tapi pelaksanaannya saya tidak
mengerti harus bagaimana? Maksudnya harus menggunakan
apa..pasir..tanah..atau debu di tembok. Belum lama ini ada teman saya sakit
tidak bisa turun dari tempat tidur, lantas dia tidak shalat. Saya sarankan
kalau tidak bisa mengambil wudhu' ya tayammum saja, apakah benar saran saya
itu? Tapi waktu dia tanya dengan apa harus bertayammum karena dia pun hanya
berada di tempat tidur, saya tidak mengerti & saya bilang akan cari info
dulu. Tolong penjelasannya pak ustadz, dan maaf atas ketidakmengertian saya
ini, karena tidak pernah melihat contohnya. Terima kasih

Wassalamu'alaikum wr. Wb.

Melda
Jakarta
2003-01-01 08:00:00

Jawaban:

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

A. Pengertian: Tayammum secara bahasa artinya al-Qashd (bertujuan).
Sedangkan secara istilah adalah menggunakan tanah untuk diusapkan ke wajah
dan kedua tangan dengan niat untuk membolehkan shalat dan lainnya.

B. Dalil Pensyariatannya: 1. Dalil Al-quran: "Apabila kamu sakit atau dalam
perjalanan atau datang dari tempat buang hajat atau sehabis berhubungan
dengan istri sedangkan kamu tidak mendapatkan air, maka bertayammumlah
dengan menggunakan tanah yang baik (suci), maka usapkan (dengan tanah itu)
wajah dan kedua tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Maha Rahim.
(QS. An-Nisa: 43).

2. Dalil dari Sunnah: Dari Umamah ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Terlah
dijadikan bumi ini bagiku dan bagi umatku sebagai masjid dan suci. Dimana
pun umatku mendapatkan waktu shalat, maka dia suci. (HR. Ahmad).

3. Ijma: Seluruh umat Islam telah sepakat bahwa bertayammum merupakan salah
satu sarana mensucikan diri dari hadats, sebagai ganti dari wudhu dan mandi
janabat dalam kondisi khusus.

C. Tanah yang digunakan untuk bertayammum: Dibolehkan bertayammum dengan
tanah yang bersih dan semua yang termasuk bagian dari tanah/bumi. Seperti
pasir, batu dan lainnya. Sesuai dengan firman Allah SWT:"Maka bertayammumlah
dengan menggunakan sha'iid". Para ahli bahasa sepakat bahwa yang dimaksud
dengan "sha'iid" disini adalah apa-apa yang termasuk sebagai permukaan bumi,
baik tanah, debu, batu dan lainnya.

D. Cara/Praktek Tayammum: - Pertama, harus dengan niat untuk bertayammum.
Tidak perlu melafalkan niat, cukup dengan menyengaja dan sadar bahwa anda
sedang melakukan tayammum. - Kedua, disunnahkan membaca bismillah meski
bukan bagian dari rukun. - Ketiga, menepukkan kedua telapak tangan ke tanah
yang bersih. - Keempat, boleh meniup tanah yang menempel di tangan bila
penuh. - Kelima, mengusapkan tanah yang tersisa dan menenmpel di telapan
tangan ke wajah dan kedua tangan hingga pergelangan tangan. - Setelah itu
anda sudah boleh melakukan shalat.

Wallahu a'lam bis-shawab. Waassalamu 'alaikum Wr. Wb.