Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan "hawa nafsu" sebagai

tuhan, dan Allah membiarkan sesat berdasarkan ilmunya, dan Allah telah

mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas

penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah,

maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran? (QS.al-Jatsiyah:23)

(Tafsir Ibnu Katsir: dia hanya berbuat berdasarkan perintah nafsunya, jika

nafsunya memandang sesuatu sebagai kebaikan (meski bertentangan dengan al-

Quran dan Hadits Shohih/ Hasan), maka dia mengerjakannya. Bila dia melihatnya

sebagai kejelekan maka dia akan meninggalkannya)

Sesungguhnya setan itu membisikan kepada teman-temannya agar mereka

membantah kamu. Jika kamu menurut mereka, "sesungguhnya kamu benar-benar

orang yang MUSRIK." (QS.6:121)

(Tafsir Ibnu Katsir: Karena kamu "telah berpindah dari perintah Allah" yang

telah diberikan kepadamu ke omongan selain Allah.)

Hadits:

Dari Adi bin Hatim bahwa dia berkata: "ya Rasulullah s.a.w. mereka tidak

menyembah (sujud kepada) ulama dan pendetanya?" Maka Nabi s.a.w. bersabda:

"memang tidak, namun para ulama dan pendeta itu "telah menghalalkan yang

haram, dan mengharamkan yang halal kepada mereka, lalu mereka mengikutinya.

Itulah maksud penyembahan kepada ulama dan pendetanya. (HR. at-Tirmidzi)

Kesimpulan:

Orang-orang yang membuat-buat Syariat (yang Allah/Nabi tidak perintahkan),

oleh Allah disebut sebagai: Menuhankan Diri.

Para pengikutnya disebut sebagai: orang-orang yang musrik.

Jadi orang yang SENGAJA berbuat bid'ah itu Aqidahnya berlawanan dengan

Ahlu Sunnah wal Jamaah (SUNNI vs BID'AH)

NB:

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berbuat adil terhadap orang-

orang yang tiada memerangimu KARENA AGAMA, dan tidak (pula) mengusir

kamu dari negerimu. Sesunguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat

adil. (QS.60.8)

(Tafsir Ibnu Katsir: berbuat baik kepada orang-orang kafir seperti: kaum wanita,

orang-orang lemah dari mereka kaum kafir)

(kepada yg menanyakan ciri-ciri Ahlu Bid'ah, saya persilahkan saja baca buku-

 bukunya, karena sudah tersebar ditoko-toko buku; terus terang saya tidak punya

waktu utk mengetik setebal itu, orang asing telah menggaji saya, saya tidak

boleh korupsi waktu)

Wassalammu'alaikum