Zul Sitompul

http://www.eramuslim.com

Hukum Menggunakan Kartu Kredit
Publikasi: 24/08/2005 10:15 WIB
Ass.

Pak ustaz yang terhormat, saya ingin tahu apakah penggunaan kartu kredit
itu diharamkan oleh agama. Karena setahu saya kalau kita menggunakan
kartu kredit pasti akan di-charge dan itu yang dikatakan sebagai
bunganya (riba).

Wass.
Khusam

Jawaban:

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Al-hamdulillah, wash-shalatu wassalamu 'ala rasulillah, wa ba'du

Dalam transaksi jual beli yang menggunakan kartu kredit, bisa dipahami
dari dua sisi.

Sisi yang pertama, pemegang kartu kredit itu pada hakikatnya meminjam
uang untuk belanja sesuatu yang untuk itu dikenakan kewajiban untuk
mengembalikan plus bunganya. Selain itu ada iuran yang harus dibayarkan
setiap tahun di luar uang yang dipinjam itu. Meski terkadang bila belum
jatuh tempo, belum lagi dikenakan bunga. Sehingga ada celah di mana
penggunaannya memang tidak dalam praktek pembungaan uang pinjaman.

Kalau menggunakan logika ini, selama kewajiban untuk mengembalikan
jumlah uang yang dipinjam itu sama, tanpa ada penambahan apapun, maka
hukumnya halal. Namun bila harus ada kelebihan, maka hukumnya riba yang
diharamkan.

Sisi yang kedua, pemegang kartu kredit itu tidak pinjam uang, melainkan
meminta kepada pihak yang menerbitkan kartu kredit itu untuk membelikan
barang untuknya. Lalu pemegang kartu kredit itu membayar kepada pihak
yang menerbitkan kartu kredit dengan harga yang lebih tinggi dari harga
barang tersebut.

Kalau menggunakan logika ini, maka akad tersebut adalah akad yang halal.
Akad ini disebutkan juga dengan akad murabahah, di mana pihak penerbit
kartu kredit membeli barang dari toko dengan harga aslinya, lalu menjual
lagi barang itu kepada pemegang kartu kredit itu dengan harga yang lebih
tinggi. Adanya mark-up harga di sini sama sekali tidak terkait dengan
riba, melainkan keuntungan dari mempernjual-belikan barang. Ibaratnya,
pihak penerbit kartu kredit itu menjalankan usaha jual beli kepada kita,
mereka membeli barang dengan uang mereka, lalu menjual barang kepada
pemegang kartu kredit, dengan mengambil margin keuntungan.

Transaksi yang seperti ini tentu saja dihalalkan dalam syariat, asalkan
syarat utama terpenuhi. Syarat utamanya adalah bahwa harga jual kembali
kepada pemegang kartu kredit harus fix atau tetap. Tidak boleh
berubah-ubah karena ada tempo yang diperpanjang atau diperpendek.
Misalnya, A butuh TV seharga 1 juta rupiah. Kepada penjual TV, A
menggosok kartu kreditnya dan nilai yang dibayarkan oleh pihak penerbit
kartu kredit adalah 1,1 juta rupiah. Maka dalam hal ini A berhutang
kepada penerbit kartu kreditnya sebesar 1,1 juta rupiah. Yang dibenarkan
dalam syariah, angka 1,1 juta itu tidak boleh dimark-up lagi bila
ternyata A belum melunasinya. Angka itu harus fix tanpa perubahan. Bila
angka itu terus berubah seiring dengan berjalannya waktu, maka transaksi
itu menjadi riba.

Maka seorang muslim yang baik dan memang memerlukan jasa kartu kredit
ini, harus memperhatikan hal-hal yang disebutkan di atas. Paling tidak,
sebelum jatuh tempo di mana dia akan terkena charge bunga, dia harus
segera melunasi secepatnya.

Di zaman ini berbelanja dengan menggunakan kartu kredit memberikan
banyak manfaat dan kelebihan, selain urusan gengsi. Pertama, masalah
keamanan. Seseorang tidak perlu membaya uang tunai/cash ke mana-mana.
Cukup membawa sebuah kartu kredit dan biasanya kartu itu bisa diterima
dimanapun di belahan dunia ini. Seseorang tidak perlu merasa khawatir
untuk kecopetan, kecurian atau kehilangan uang tunainya. Bahkan bila
kartu kredit ini hilang, seseorang cukup menghubungi penerbit kartu itu
dan dalam hitungan detik kartu tersebut akan diblokir.

Kedua, masalah kepraktisan. Membawa uang tunai apalagi dalam jumlah yang
besar tentu sangat tidak praktis. Dengan kartu kredit seseorang bisa
membawa uang dalam jumlah besar hanya dalam sebuah kartu.

Ketiga, masalah akses. Beberapa toko dan perusahaan tertentu hanya
menerima pembayaran melalui kartu kredit. Misalnya toko online di
internet yang sangat mengandalkan pembayaran dengan kartu kredit. Kita
tidak bisa membeli sebuah produk di amazon.com dengan mengirim wesel
pos.

Namun tidak berarti kartu kredit itu bisa sukses di setiap tempat. Untuk
keperluan belanja kecil dan harian, penggunaan kartu kredit tidak banyak
berguna. Untuk jajan bakso di ujung gang, masih sangat dibutuhkan uang
tunai. Tukang bakso tidak menerima American Visa dan sejenisnya. Selain
itu dengan maraknya kasus carding atau pemalsuan kartu kredit di
internet terutama dari Indonesia, sampai-sampai transaksi online bila
pemesannya dari Indonesia tidak akan dilayani.

Jadi bila dilihat secara syariah, kartu kredit itu mengandung dua hal.
Pertama, pinjaman tanpa bunga yaitu bila dilunasi sebelum jatuh tempo.
Kedua, pinjaman dengan bunga yaitu bila dilunasi setelah jatuh tempo.

Bila seseorang bisa menjamin bahwa tidak akan jatuh pada opsi kedua,
maka menggunakan kartu kredit untuk berbelanja adalah halal hukumnya.
Tapi bila sampai jatuh pada opsi kedua, maka menjadi haram hukumnya
karena menggunakan praktek riba yang diharamkan oleh Allah SWT.

Wallahu a'lam bish-shawab,
Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Ahmad Sarwat, Lc.