Menjadi Pembelajar

Awal pernikahan kami, saya dengan istri menyepakati rumah tangga
yang kami bangun adalah sebuah forum pembelajaran. Antara suami dan
istri menjadi pembelajar. Semuanya berlalu begitu cepat,
permasalahan silih berganti datang. Istri saya mengingatkan bahwa
kita menjadi pembelajar, begitu katanya.

Pada satu kesempatan saya bertanya padanya, "apa sih maksudnya
menjadi pembelajar?" Katanya, "Pembelajar tidak mengenal benar dan
salah sebab semuanya proses belajar. Tidak saling mencari pembenaran
dan tidak saling mencari kesalahan. Jika belajar berbuat salah. Ya,
namanya juga sedang belajar."

Pada perjalanan kehidupan sehari-hari jika menghadapi masalah jauh
menjadi terasa lebih ringan dan lebih mudah menghadapi sebab
sebagai pembelajar kami tidak mengenal benar salah. Ya namanya baru
belajar to mas..

Wassalam,
Agussyafii
http://agussyafii.blogspot.com