Kalo kita menggunakan teori himpunan, maka himpinan Kholiq
anggotanya hanya satu yakni Allah sang maha pencipta, sedangkan
anggota himpunan Makhluk tak terhingga banyaknya, ada kerikil ada
sapi ada manusia ada kaljengking ada macam macam termasuk ada di
dalam himpunan Makhluk ini adalah neraka dan juga Surga.
Jadi kita dan surga dan neraka adalah anggota dari himpunan yang
sama, yakni himpunan Makhluk itu tadi.
Karenanya sebaiknya kalao beribadah jangan minta yang sama sama
sehimpunan,ya Lillah saja yang bukan kawan se anggota himpunan.
Kalo kita berdoa, jangan surganya yang kita harapkan, tapi substansi
berdoa itu yang kita luruskan menjadi memenuhi peritah Sang Kholiq
yang berbunyi ut'unii astajib lakum -mintalah kepadaKu akan aku
kabulkan-
Kita diperintah untuk meminta ya kita minta, kita diperintah sholat
ya sholat, kita diperintah puasa ya puasa. Semuanya kita lakukan
dalam rangka tunduk dan patuh kepada perintah Allah sang Kholiq, dan
kalau kita melakukan semua dengan Ridho, Insya Allah kita termasuk
dalam kelompok Mardhatillah, lalu seperti tertulis dalam surat Al
Baiyinah ....jazauhum ngindarobbihim jannatun ngadni tajri
mintakhtihal anhaaru kholidina fihaa abada, rohiallohu 'anhum
warodlu 'anhu, dhalika liman khosia robbahu.
Jadi satu satunya motivasi Ibadah adalah dalam untuk mendapat Ridho
Allah.

Demikian sekedar urun rembug dari saya.
Semoga Allah mengampuni jika saya salah.
Selamat menunaikan Ibadah puasa.