KESALAHAN FATAL....

Bismillahirrohmanirrohim....

Assalamu'alaykum wr wb.

Alhamdulillahirobbil 'alamin....puji syukur kita panjatkan kepada Allah
SWT yg telah memberikan nikmat yg begitu besar kepada kita yaitu nikmat
Iman & Islam serta nikmat Kesehatan, sehingga kita dapat menjalankan
Ibadah Shaum pada tahun ini .

Sholawat beserta Salam kita peruntukkan untuk junjungan Nabi Besar
Muhammad SAW, Beserta keluarga dan para sahabatnya sampai akhir
jaman.........Amiin...

Kaum Muslimin wal Muslimat yg insyaAllah di Rahmati ALLah SWT, Kita
semua tahu, bahwa iblis dilaknat oleh Tuhan. Dan manusia yg sadar,
tentunya tidak akan mau mengikuti jejak iblis. Tetapi pernahkan kita
berfikir tentang kesalahan yg dilakukan iblis sehingga ia dilaknat oleh
Tuhan ? Mudah-mudahan dengan kisah ini nanti kita bisa mengukur diri
kita masing-masing, apakah kita termasuk penentang iblis, atau
jangan-jangan tanpa kita sadari, kita malahan termasuk kedalam kelompok
orang yg mendukung iblis.

Suatu ketika iblis yg pada waktu itu tinggal di surga, dipanggil
menghadap Tuhan. Tuhan berfirman, "Hai Iblis! Aku telah menciptakan
seorang manusia dari tanah yg Kuberi nama Adam. Sujudlah engkau sekarang
padanya!"

Namun iblis spontan menolak, ia lalu mengemukakan 3 alasan atas
penolakannya itu.

Yang pertama, kata Iblis, "Ya Tuhan, bagaimana mungkin aku sujud kepada
Adam, bukankah asal usulku lebih baik dari pada Adam? Bukankah Engkau
ciptakan aku dari api yg jelas-jelas lebih mulia dibandingkan dengan
tanah? Mestinya, Adamlah yg harus sujud kepadaku, bukan sebaliknya?"
Salahkah alasan iblis ini ??

Kalau kita lihat disekitar kita, banyak orang yg membangga-banggakan
asal-usul keturunannya, merasa sombong dengan darah birunya, ataupun
memndang rendah seseorang hanya lantaran orang itu orang biasa. Salahan
bila orang seperti ini kita sebut sebagai pendukung iblis? Bukankah yg
dilakukannya itu merupakan perwujudan dari alsan iblis??

Alasan yg kedua, kata iblis, "Ya Tuhan, aku berada disini telah ribuan
tahun. Jelas aku lebih senior dari pada Adam yg baru saja Engkau
ciptakan. Bukankah seharusnya yg lebih yunior tunduk pada yg lebih
senior?" Mestinya Adamlah yg harus sujud kepadaku, bukan sebaliknya!"
Salahkah alasan iblis ini?

Sekarang ini, banyak orang yg gengsi tidak mau menerima pendapat yg
disampaikan kepadanya, hanya semata-mata karena pendapat itu disampaikan
oleh yg lebih muda. Salahkah bila orang seperti ini kita sebut dengan
pendukung iblis? Bukankah hal ini sebenarnya merupakan perwujudan dari
alasan iblis?

Adapun alas an yg ketiga,  kata iblis, "Ya Tuhan, kesetiaanku pada-Mu,
telah berabad-abad terbukti tidak pernah luntur, sedangkan Adam belum
tentu ia dapat selalu setia kepada-Mu seperti aku. Lalu kenapa aku yg
harus sujud kepada Adam, mestinya Adamlah yg pantas sujud kepadaku!"
Salahkah alas an iblis ini?

Kita banyak melihat orang yg suka mengungkit-ungkit kembali jasa-jasa yg
pernah dilakukannya, ataupun merasa dirinyalah yg paling loyal. Salahkah
bila orang seperti ini ita sebut sebagai pendukung iblis? Bukankah yg
dilakukannya itu sebenarnya merupakan perwujudan dari alas an iblis?

 Ikhwan & Akhwat Fillah yg InsyaAllah  dimuliakan Allah, banyak
pelajaran berharga yg dapat dipetik dari kisah ini. Yang paling utama
adalah, apapun dalih yg kita berikan tetap saja intinya sama, Yaitu:
Membangkang pada Tuhan adalah kesalahan fatal!

Mudah-mudahan kita tidak mengikuti jejak iblis, yaitu pandai berdalih
dengan seribu satu macam argument yg kelihatannya logis untuk
membenarkan pembangkangan yg kita lakukan terhadap " Aturan Main " yg
telah dibuat-Nya. Apalagi Allah telah jelas-jelas menegaskan dalam
Al-Qur'an surat An-Nisaa" ayat 13 dan 14 :

"Barang siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah
memasukkannya kedalam surga. Dan barang siapa yg mendurhakai Allah dan
Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah
memasukkannya kedalam api neraka,sedang ia kekal didalamnya, dan baginya
siksa yg menghinakan."

Diambil dari Buku Sentuhan Kalbu yg disajikan oleh Ir. Permadi Alibasyah

Mari menebar kebaikan..

Wassalamu'alaykum wr wb.

KJunaedi