Assalaamu'alaikum wr. wb.

--- Reni Mardiana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Syarif Mustofa pun lantas menyebut para pengemis sebagai pemalas.
> Mereka pura-pura menjadi gelandangan di Jakarta, padahal di
> kampungnya mereka cukup berada. "Saya membuktikan sendiri bahwa
> mereka orang berada, karena saya pernah mengantar mereka sampai ke
> depan rumah?" kata Syarif.
>
> Berdasarkan realitas itu, menurut Syarif, solusi paling tepat
> mengurangi jumlah gepeng di Jakarta adalah dengan tidak menaruh belas
> kasihan pada kelompok ini. Warga Jakarta diimbau tidak memberikan
> uang kepada para pengemis di jalanan. Uang sebaiknya disumbangkan
> [...]

Pengemis kelas berat di Indonesia sebenarnya adalah negara ini sendiri,
kelas berikutnya adalah para birokratnya:-)

Karena orang susah sekali mempersoalkan para pengemis berat ini, maka
pengemis-pengemis kecillah yang jadi sasarannya, seperti yang dibahas
oleh tulisan diatas.

Kalau memang mengemis bagi orang seusia 70 dianggap sebuah persoalan,
saya jadi pengin bertanya apa tanggung jawab negara terhadap kelompok
orang-orang seusia itu? Ini tentu saja belum terhadap kelompok
masyarakat lain yang memang punya masalah "ketidakmampuan" untuk
mendapatkan pekerjaan dengan pendapatan yang layak untuk menghidupi
diri atau anggota keluarganya.

Saya bukan orang yang mendukung perilaku pengemis. Agama kita juga
telah mencela perilaku pengemis, sebuah hadist kurang lebihnya
menyatakan "Para peminta-minta akan dibangkitkan dengan tanpa daging
pada wajahnya". Tapi jika persoalan ini hanya disempitkan untuk
bersikap keras terhadap pengemis, saya sungguh tidak setuju. Rasulullah
pun tak pernah mencontohkan hal yang demikian. Rasanya kita justru
harus keras terhadap orang-orang kaya, karena mereka tidak mengulurkan
tangannya secara efektif untuk mengentaskan kemiskinan di negeri ini
secara cantik.

Wassalaamu'alaikum wr. wb.
B. Samparan