Assalamu 'alaikum...

Ibu saya adalah salah satu manusia yang saya kagumi sikap adil kepada
kedua anaknya.
Saya diperbolehkan merantau sementara adik saya yang perempuan tidak.
Sekilas nampak tidak adil, tetapi ibu saya lebih tau siapa anak-anaknya,
apa yang kami butuhkan, bagaimana kemampuan kami, sehingga akhirnya
mengambil keputusan mengijinkan saya untuk merantau.
Saya pertama kali mendapat handphone karena bantuan dari ibu saya, dan
di waktu yang sama adik saya tidak diberi handphone. Sekilas memang
tampak tidak adil, tetapi ibu lebih tau diri kami masing-masing, lebih
tau kebutuhan dan keadaan kami.

Dalam hal tuntutan, adik saya lebih banyak tuntutannya yang dipenuhi
daripada saya. Sekilas memang tampak tidak adil, tetapi ibu lebih tau
sifat dan kondisi kami masing-masing. Di samping itu adik saya lebih
dekat (serumah) dengan ibu, sedangkan saya jauh. Tetapi kami tidak
melihat itu sebagai ketidak-adilan, malah sebaliknya.
Waktu masih sekolah dulu saya diberi uang jajan yang lebih banyak
daripada adik saya. Tapi adik saya tidak pernah protes minta jatah yang
sama. Apakah ibu saya tidak adil? Justru itulah keadilan.

Di sebuah kelas, ada anak yang selalu dipuji oleh gurunya, tapi ada juga
anak yang sering ditegur dan dimarahi. Apakah guru tersebut tidak adil?
Sekilas nampak seperti itu, tetapi guru tersebut lebih tau keadaan
murid-muridnya mana yang pantas dipuji dan mana yang perlu ditegur.

Adil dan bijaksana sangat tipis bedanya. Adil lebih ke sikap pro aktif,
sedangkan bijaksana cenderung sikap responsif.

Adil tidak harus seimbang, sama rata, sama besar, sama banyak. Tapi adil
dan bijak adalah proporsional, sesuai keadaan, sesuai kondisi, sesuai
kebutuhan. Kalo merasa tidak bisa berbuat adil itu berarti belum dicoba,
minimal adil terhadap diri sendiri, bisa dilatih kok... :) Tidak usah
jauh2 mikirin "apa bisa adil terhadap istri" kalo "adil terhadap apa
yang dimiliki sekarang" aja belum bisa.

Wassalamu 'alaikum.
=IwIs=

Inbox full of spam? Get leading spam protection and 1GB storage with All New
Yahoo! Mail. http://uk.docs.yahoo.com/nowyoucan.html

Kirim email ke