Iya harusnya ada juga riset terhadap keluarga poligami
yang sukses seperti keluarga para ulama, Puspo
Wardoyo, Dr. Gina Puspita (wanita yang mencarikan
istri bagi suaminya), dsb.

Selain itu pernyataan bahwa poligami sumber penyebaran
penyakit seksual justru meragukan karena pada
poligami, meski pria hanya ada 1 dan istrinya 4, tapi
kalau semua bersih maka tidak akan ada penularan
penyakit.

Coba lihat keluarga para ulama yang poligami, Puspo
Wardoyo, dan Dr. Gina Puspita, adakah mereka terkena
penyakit menular?

Justru yang dapat terjadi adalah pada pasangan
monogami, sementara si pria sebenarnya tidak cukup
berhubungan dengan hanya 1 wanita. Akibatnya dia jajan
di pelacuran. Kalau kebetulan langganannya sedang
dibook sementara dia sudah kebelet, akhirnya ganti
pelacur. Nah yang seperti ini sumber penyebaran
penyakit kelamin. Apalagi dalam pelacuran, seorang
pelacur jika melayani 1 pria 1 malam, maka dalam
setahun dia berhubungan seks dengan 300 pria lebih.
Besarkan resikonya ketimbang poligami yang hanya 1
pria dan 4 wanita tanpa berganti2 pasangan?

Aneh kan jika penelitian itu menyimpulkan poligami sbg
sumber penyakit sementara pelacuran tidak? Ini adalah
studi "asal2an" untuk menentang poligami.

Selain itu statistik juga menunjukkan bahwa di negara
yang memaksakan monogami seperti di AS yang penyebaran
penyakit kelaminnya tinggi karena pria akhirnya lari
ke perselingkuhan dan pelacuran ketika tidak bisa
berpoligami.

Sementara di negara2 Islam yang dibolehkan poligami
justru penyebaran penyakit kelamin lebih sedikit.
--- Trisatya <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Hmm, apakah ada hasil penelitian terhadap
> orang-orang yang sukses
> poligami. Saya kira perlu tuh riset dampak positif
> poligami. Soalnya
> banyak kyai-kyai di pondok-pondok pesantren
> (termasuk yang ternama)
> melakukan poligami, dan sangat jarang terdengar
> akibat negatif dari
> poligami ini. Juga ada pasangan-pasangan yang
> bahagia melakukan poligami
> (seperti yang dilakukan Ustad Anis Matta (sekjen
> PKS), Puspowardoyo (Wong
> Solo). Jadi harus ada studi pembanding walaupun
> sama-sama studi kasus.

> [...]

===
Ingin belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits?
Kirim email ke: [EMAIL PROTECTED]
http://www.media-islam.or.id