Assalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuhu,

Mas Iwal, siapapun boleh mengatakan pendapat masing-masing termasuk
anda. Tetapi dalam mengetahui kebenaran tentunya ada rujukan untuk
menimbang apakah perkataan atau pendapat yang diucapkan apakah sesuai
dengan kebenaran dan burhan.

Jadi Mas Iwal dalam beragama itu tidak hanya cukup dengan mengatakan "
saya rasa dan kebanyakan persepsi orang " , tetapi ditunjukkan dengan
burhan yang nyata, mana bukti sejarahnya, mana hujahnya yang mendukung
pendapat mas Iwal.

iwal:

Wa'alaikum salam...

Iya ya... susah dibuktikan.. Masalahnya juga, para ahli sejarah tidak
bisa membuktikan mana sejarah yang paling benar... ada yang berkata
sesuatu, atau yang berkata sebaliknya, dan masing-masing mengaku punya
bukti yang kuat.
Yang saya katakan kan cuma "saya rasa.." bukan, artinya saya memang
belum tau apa-apa... masa mau langsung percaya ucapan saya.. hehe. Saya
malah jauh dari seorang yang bisa didengar apalagi dipercaya :)
Kalo saat ini saya percaya sesuatu, mungkin suatu saat nanti saya akan
percaya kepada yang lebih layak untuk dipercayai.

Dari sini juga sayabisa tau kalo, ternyata "perasaan" saya itu tidak
tepat... mmm.. belum tepat... mmm... ato... apa ya?.. Pokoknya tidak
bisa diyakini lah. Namanya juga "perasaan".. :)

Oya.. komentar ini juga sekaligus menjawab pertanyaan mas lasykar5 .
Saya bukan pakar sejarah kok... saya cuma memancing agar teman2
memberitahu saya apa yang terjadi sebenarnya. Bukannya sok tau, cuma
menyampaikan apa yang muncul di benak.

==================

Kalau boleh tahu, bagaimana pendapat mas Iwal , bila :
1. Kitab suci Alqur'an yang kita yakini ini adalah yang bukan asli ( Al
Qur’an yang ada ini telah mengalami perubahan dan penyimpangan.) ?

Iwal:
Waaaah.. kalo yang satu ini saya nggak berani dan nggak mau ngomong
macam2 alias ngelantur. Takut kualat.. yang jelas yang menjaga keaslian
dan kesucian AlQur'an tidak lain dan tidak bukan hanya Sang Pencipta-nya
sendiri. Entah bagaimana caranya, yang jelas itu di luar kekuasaan dan
kekuatan manusia.

Lagian, sepanjang hidup seingat dan sepengetahuan saya, saya belum
pernah mendengar ada pertentangan isi dan sejarah AlQur'an. Kalopun ada
yang berusaha menentang, itu bisa diluruskan kembali.
Kalo masalah penafsiran, wallahu a'lam...
Saya juga masih belajar..benar2 belajar dari bawah.

Nggak ada kepikiran sedikit pun kalo AlQuran itu palsu... amit-amit.. :)

========================

2. Ke tiga Sahabat Rasulullah Shalallahu ‘alahi wa sallam ( Abu Bakar
ra, Umar ra, Ustman ra ) adalah murtad ?

3. Istri Rasulullah Shalallahu ‘alahi wa sallam telah meracun beliau
Shalallahu ‘alahi wa sallam ?

4. Menghukumi bahwasanya para istri Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam
adalah pelacur ?

Apakah mas Iwal setuju ?..

Ma'af ya mas bila ada kata yang kurang berkenan..ini sekedar sharing ilmu..
Wassalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuhu.

Iwal :
Kalo 3 pertanyaan terakhir itu, saya juga nggak tau asalnya dari mana?
Nggak kepikiran juga ada kejadian seperti itu. Dan nggak tau juga apa
emang itu benar atau nggak?.. Gosipnya dari mana? Yang jelas sekarang ya
saya nggak percaya kalo itu benar.

Kembali ke Sunni Syi'ah, saya nggak tau bagaimana harus bersikap. Orang2
bilang saya mau nggak mau harus ikut salah satunya, kalau saya bukan
Sunni, berarti saya Syi'ah, begitu pula sebaliknya.

Tapi katanya Sunni dan Syi'ah suka berantem dan saling bertentangan,
jadi kalo saya masuk salah satunya, saya seolah2 "diajak" berantem.
Kalau saya tidak memilih di antaranya, saya juga disalahkan, karena
katanya harus konsisten, bla bla bla..

Saya nda mau cari tau apa beda Sunni dan Syiah...

Buat saya, masih banyak hal-hal lain yang penting dan mendasar yang
perlu saya benahi selain memilih di antara Sunni atau Syiah. Sedekah aja
masih jarang, sholat subuh sering telat, sholat sunnat syukur2 kalo
dikerjakan, lebih sering mikir dunia daripada akhirat, dosa2 kecil ato
besar? na'udzu billah..ga bisa dihitung. Bagaimana mau diakui sebagai
Sunni ato Syiah? hehe...

Jadi... mmm... saya mohon maaf kalo saya angkat bicara tentang Sunni
Syiah, padahal sebenarnya saya tidak berkompeten di masalah itu.

So.., mana yang benar? Sunni atau Syi'ah? kalo saya sih Allah Maha
Benar, jadi pengikut Allah ajalah....

wassalam,