Assalamu'alaikum Wr.Wb

Menurut pendapat saya harus dibedakan antara bom-bom bunuh diri di
Palestina dan di Indonesia, saya belum mendengar ada ulama yang
menyatakan bahwa bom-bom bunuh diri di Indonesia termasuk dalam Jihad fi
sabilillah.

Dalam Islam setiap amal ibadah termasuk jihad sudah ada ketentuan atau
tata caranya, menyimpang dari ketentuan maka amal tersebut tidak
diterima.

Sebagai contoh ibadah shalat, ada banyak aturan tentang ibadah shalat
diantarnya shalat harus dilakukan dalam keadaan berwudhu.

Wudhu itu sendiri ada banyak aturannya diantaranya harus dengan air yang
suci dan mensucikan seperti air sumur, air hujan, air laut. Tidak sah
wudhu dengan air suci saja (seperti air kopi, air sirop dll) atau dengan
air mustakmal apalagi dengan air najis.

Bagaimana jika tidak ada air ? dengan tayamum.

Jadi untuk diterimanya ibadah shalat harus mengikuti sekian banyak
aturan yang telah ditetapkan Allah, demikian juga dalam jihad fi
sabilillah tentu ada banyak aturannya juga.

Saya menduga ada sekelompok orang yang mungkin berniat jihad tetapi
dalam pelaksanaannya (karena kebodohannya atau karena ketidaksabarannya)
menyimpang dari aturan-aturan jihad fi sabilillah, orang-orang seperti
inilah yang mengotori arti Jihad dan semakin mengukuhkan anggapan yang
dibuat oleh Amerika bahwa jihad adalah terror.

Wassalam,

Effendi B

3a. Penjelasan Bom Bunuh Diri

Posted by: "A Nizami" [EMAIL PROTECTED]   nizaminz

Tue Feb 20, 2007 5:46 pm (PST)

dari Moderator:

Harusnya anda tidak bingung. Anda harusnya menjelaskan

bahwa bom bunuh diri adalah reaksi dari penindasan

Israel dan AS terhadap warga Muslim.

Di Israel orang Palestina hanya jadi warga negara

kelas 2. Tentara Israel merampas tanah dan rumah milik

warga Palestina. Bahkan nyawa. Coba lihat foto

kekejaman Israel di www.nizami.org

AS menginvasi dan membantai puluhan ribu penduduk

Afghanistan hanya karena mereka mendirikan negara

Islam dan mendukung Ethiopia menyerang Somalia untuk

kasus yang sama.

Sejak invasi AS di Iraq, lebih dari 650 ribu warga

Iraq (mayoritas Muslim) tewas (sumber: BBC). Oleh

karena itulah ummat Islam melakukan perlawanan. Di

antaranya ada yang melakukan bom bunuh diri.

Nah jelaskan itu kepada teman anda.

Coba baca: www.infopalestina.com

Semoga tidak bingung dan shock...:)

Di sisi lain memang hendaknya pemboman dilakukan hanya

untuk membunuh orang yang memang harus diperangi

seperti tentara AS dan berusaha menghindarkan korban

rakyat tak berdosa termasuk menyelamatkan diri

sendiri. Kalau bisa si pembom harus berusaha

menyelamatkan diri.

Wassalam

Moderator

Assalamualaikum Wr.Wb

rekan-rekan...izinkanlah saya untuk meminta pendapat

rekan-rekan tentang masalah di bawah ini...

saya seorang pelajar s1 di jepang..disini banyak

sekali orang2 asing dari berbagai negara dan juga dari

berbagai agama..kami sering berdiskusi banyak hal,

mulai dari hal-hal yang simple sampai hal-hal yang

berhubungan dengan agama...

pernah suatu waktu saya ditanya teman..

"Mengapa sih kok agama kamu mengajarkan kalo kamu

melakukan bom bunuh diri atas nama jihad, maka kamu

akan masuk surga. Padahal kan banyak sekali orang2

yang tidak berdosa akibat ulah saudara-saudara sesama

muslim mu itu..Mulai dari bom balli, sampe bom di

timur tengah.Ini sangat bertentangan dengan ajaran

agama kamu yang kamu bilang cinta perdamainan,

persahabatan, dan kemaslahatan..Bagaimana pendapatmu?"

begitulah kira-kira teman saya menanyakan masalah

ini kepada saya..jujur saja, pertama mendengar

pertanyaan ini ,saya shok dan bingung mau jawab

apa..karena menurut saya islam itu menentang terorisme

yang banyak membunuh orang2 yang tidak bersalah..Di

sisi lain, apa yang teman saya katakan itu adalah

benar, bahwa banyak sekali saudara2 kita kaum muslimin

yang berbuat bom bunuh diri seperti itu...

saya mohon pendapat rekan-rekan tentang permasalahan

ini..

terima kasih

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh