Wa'alaikumsalam wr.wb.

Berikut jawaban dari seorang ustadz di percikan-iman,
semoga bermanfaat.... Mungkin yang lain yang lebih paham
dapat mengkoreksi atau menambahkan? monggooo...

  Ustadz, kedua orang tua saya masih kafir (berbeda agama dengan saya).
  Apakah saya sebagai anak boleh mendo’akan mereka? Mohon penjelasan.

 [EMAIL PROTECTED]

  Jawab :

  Do’a artinya meminta atau memohon kepada Allah swt. dengan segala
  kerendahan hati. Keadaan orang kafir itu ada dua kemungkinan.
  Kemungkinan pertama orang kafirnya masih hidup dan kemungkinan
  kedua dia sudah  meninggal.

 Kita diperbolehkan mendo’akan orang kafir yang masih hidup agar
  diberi hidayah oleh Allah. Fakta historis menunjukkan bahwa Rasulullah saw.
  pernah mendo’akan Ummar bin Khattab ra. Agar bisa masuk Islam saat
  Ummar masih kafir. Rasulullah saw. pun mendo’akan pamannya Abu Thalib
  agar masuk Islam. Ini menunjukkan bahwa kita diperbolehkan mendo’akan
  orang kafir yang masih hidup agar memeluk Islam.

 Jadi, kalau orang tua Anda masih hidup dan mereka berbeda agama dengan
  Anda alias masih kafir, Anda punya kesempatan untuk mendo’akan agar mereka
  masuk Islam.

 Namun, kalau mereka (orang kafiir) itu sedah meninggal, kita diharamkan
  untuk mendo’akannya walaupun mereka itu saudara dekat kita. Hal ini
   dijelaskan dalam ayat berikut.

 “Tidaklah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan
  ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang
  musyrik itu adalah kaum kerabat (nya), sesudah jelas bagi mereka bahwasannya
  orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahannam.”
  (QS. At Taubah 9:113)

 “Dan janganlah kamu sekali-kali menyakiti (jenazah) seseorang yang mati
  di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri (mendo’akan) dikuburnya.
  Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka
  mati dalam keadaan fasik.” (QS. At Taubah 9:84)

 Kesimpulannya, mendo’akan orang kafir yang masih hidup agar mereka
  memeluk Islam tidaklah terlarang  bahkan dianjurkan. Namun, kalau orang
  kafir itu sudah meninggal, haram hukumnya mendo’akan dan memohonkan
  ampunan untuk mereka, sekalipun mereka itu adalah orang tua kita.
  Wallahu a’lam.

  http://www.percikan-iman.com/modules.php?name=Datanya&op=detail_atanya&id=100

Hasbiyanto   <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Assalaamualaikum Wr Wb,

 Pak A. Nizami/ Bu Suhana, dan bpk yang lain,
 Saya mau tanya diluar masalah ini. Yaitu tentang doa seorang anak
 muslimah (muallaf) yang mendoakan ayahnya yang sudah meninggal dan ayah
 tsbt non muslim.. Tolong kalau ada dalil al-Qur'an dan hadistnya..
 Pertanyaannya, Bolehkah doa tersebut dipanjatkan? dan apakah doa
 tersebut sampai?... Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 Wassalam,
 HB

 Wa'alaikum salam wr wb,
 Sebelum menarik kesimpulan bayi anda "ketempelan", ada
 baiknya anda perhatikan apakah bayi anda lapar/tidak.

 Ada penyakit yang dikenal sebagai colic/kolik. Setahu
 saya jika bayi lapar, maka dia akan menangis sebagai
 "protes" (menangis satu2nya alat komunikasi bagi dia).

 Setiap 1-2 jam sebaiknya bayi disusui. Meski dia
 tertidur, tapi tetap susui, nanti otomatis mulutnya
 bergerak sendiri. Soalnya istri saya pernah karena
 melihat bayinya tertidur, jadi tidak tega menyusui.

 Coba itu dijalankan dulu.

 Wassalam

 --- harry <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

 > Assalamu alaikum wr.wb
 >
 > Kemarin baru kami sadari kalau sikap anak kami yang
 > ke tiga (1.5 bulan) sikapnya rada "aneh".....kalau
 > nangis langsung menjerit dan meronta-ronta...bahkan
 > pernah malam hari tidak tidur.
 >
 > Tadinya kami pikir hal biasa, semalam saya bacakan
 > ayat kursi sambil memegang kepalanya.....nampak
 > semakin berontak...dan tatapan mata agak liar.
 >
 > Yang ingin saya tanyakan, bagaimankah cara yang baik
 > dan benar menghadapi bayi yang ketempelan...dan kapa
 > kita mengetahui / tanda-tandanya "makhluk gaib"
> [...]

 ===
 Ingin belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits?
 Kirim email ke: [EMAIL PROTECTED]
 http://www.media-islam.or.id

 Don't pick lemons.
 See all the new 2007 cars at Yahoo! Autos.
 http://autos.yahoo.com/new_cars.html