Bismillahi,,

Assalamu'alaikum wr.wb.

akhir-akhir ini bermunculan beberapa kelompok yang mencoba untuk mendefinisikan
kata jihad. diantara mereka ada yang mengatakan bahwa jihad yang utama adalah
jihad melawan hawa nafsu, atau yang lain berkata jihad yang utama saat ini
adalah dengan menunutut ilmu, dan beberapa definisi lainnya.

akan tetapi setelah saya bertanya kepada seseorang tentang masalah ini, orang
tersebut malah bertanya kepada saya, diantaranya :

1. seandainya ada seseorang yang sedang menuntut ilmu atau melawan hawa nafsu (
berarti dia sedang berjihad denga jihad yang utama / akbar ), maka apabila
orang ini mati saat menuntut ilmu atau melawan hawa nafsu tersebut :

a). apakah ia perlu di mandikan ?
b). apakah ia perlu di sholatkan ?
c). apakah ia perlu di kafani ?
d). apakah ia akan mendapat titel syuhada / asy syahid ?
e). apakah ia akan masuk surga tanpa di hisab ?
f). apakah ada 70 bidadari yang menantinya ?
g). apakah ia di izinkan untuk memberi syafaat kepada 70 keluarganya ?

ada yang bisa menjawab ????

Wallohu A'lam bishowab

bambang