Saya tanggapi paragraf Anda satu persatu:

Saya menghargai orang yang berbeda pendapat dengan saya jika saya melihat ada
kejujuran dan itikad baik pada orang itu. Tapi saya sama sekali tak mempunyai
rasa hormat pada orang yang dengan segala cara berusaha menutupi bias
ideologinya, apalagi kala bicara soal tragedi kemanusiaan, dengan memakai kedok
akademis. Ya, memang beginilah kualitas akademisi kita. Dan memang menyeramkan.
Saya setuju dengan pernyataan Anda, cuma targetnya beda.

Saya tak merasa perlu bersantun-santun dengan orang yang tidak saya hormati.
Anda juga boleh berbuat sama kepada saya.

Tentu saja saya memandang Anda arogan dalam mempertanyakan kredibilitas
informan, yang nota bene adalah korban sendiri, dokter, jururawat, psikolog,
dan rohaniwan pendamping korban. Anda sendiri waktu kejadian itu ada di mana?
Dengan MEMPERTANYAKAN kredibilitas mereka, bukankah implisit Anda MERAGUKAN
kredibilitas mereka? Atas dasar apa? Karena Anda kira hanya Anda yang punya
kredibilitas dan semua "informan" TGPF tak memilikinya? Ini bukan arogansi
akademis?

Tunjukkan lagi di mana saya pernah tulis bahwa data TGPF adalah yang PALING
BENAR. Karena, justru berkali-kali saya nyatakan bahwa saya pribadi malah lebih
suka pakai data TRK yang lebih serem itu. Hati-hati kalau buat pernyataan.
Kredibilitas Anda dipertaruhkan lho. Saya bilang, data TGPF adalah data yang
paling resmi dan yang diterima oleh pemerintah. Bahkan data TRK pun tidak
dianggap resmi oleh pemerintah. Jadi, yang bisa diperdebatkan adalah hanya data
TGPF. Jadi, jika ingin perdebatan kita berpijak bumi, pakailah data TGPF.
Jelas, Bung?

Pernyataan saya: "Emangnya Anda siapa hendak menyangkali kebenaran terjadinya
perkosaan massal Mei 1998 adalah tanggapan atas pernyataan JJTT yang dimulai
dengan frasa yang sama, "Anda siapa...." Jangan lupa tengok konteks kalau
melakukan textual analysis. Kalau cuma content doang yang dilihat, ya beginilah
akibatnya.

Ya, saya menuduh Anda mengenakan topeng akademis untuk menyembunyikan motivasi
dan intensi Anda. Plus, saya juga menuduh Anda membanting pintu keras-keras
bagi korban. Semua responsi Anda terhadap tragedi Mei sejauh ini memperlihatkan
itu semua. Silakan menuduh balik saya dengan apa saja yang Anda mau.

Anda bilang, saya malah melecehkan miliser lain dengan menyatakan:
"Apakah itu tidak terlalu intimidating bagi miliser lain yang tak sejalur minat
intelektualnya dengan kita?" Anda ini bisa baca atau tidak sih? Memang,
menyeramkan kalau akademisi kita macam Anda begini. Dari UI lagi. Waduh! Dalam
pernyataan itu, kata kuncinya adalah MINAT INTELEKTUAL (bukan BOBOT
INTELEKTUAL)! Saya dengan berat hati harus mengenakan predikat 'bodoh' kepada
Anda. Di mana kelirunya (atau melecehkannya) jika saya mengatakan bahwa tak
semua miliser Mediacare punya minat intelektual yang sama dengan kita (yakni
ilmu-ilmu sosial dan humaniora)? Pasti ada kan anggota milis ini yang latar
belakang intelektualnya bukan di bidang itu? Justru saya hendak memperlihatkan
penghormatan saya kepada mereka yang ilmunya tak sebidang. Atau Anda mau adu
domba saya dengan para miliser lain? Mau provokasi para miliser lain? Saya tak
yakin Anda akan berhasil. Saya tak yakin mereka menafsirkan pernyataan saya
(yang maknanya sangat gamblang itu) seperti Anda. Sori, ya.

Anda mau tahu usia saya? Usia saya masih anak-anak. Saya tak harus malu jika
kalah debat dengan Anda. Andalah yang merasa sudah sangat senior dan kesohor
yang harus malu jika kalah debat sama anak kecil. Gitu, kan, Mbah?

Bukan cuma di Indonesia, di mana-mana orang lazim berbeda pendapat. Tapi beda
pendapat yang bermutu adalah yang tidak dilakukan asal beda pendapat, atau asal
gugat, asal sangkal, dsb tanpa mampu memperlihatkan argumen yang berbobot.
Itulah sebabnya, saya tak punya rasa hormat kepada Anda.

Tuhan bisa kita persoalkan? Mungkin saja, tapi saya tak bergairah untuk
berdebat mempersoalkan Tuhan, dan itu juga bukan topik utama debat kita. Oke?

manneke