imho,

waduh saya bukan ahli filsafat pak...saya hanya orang biasa yang hobi
bermilis dan internet...
menurut yang pernah saya dengar, konsep ruwa bineda kalo tidak salah
menyebutkan bahwa kehidupan di dunia ini terdiri dari dua sifat yang
berbeda tetapi saling membutuhkan alias tidak bisa dipisahkan antara
satu dengan yang lainnya, misal : laki-perempuan, siang-malam,
hitam-putih, baik-buruk, hidup-mati...dengan memandang konsep ini kita
bisa menerima suatu perbedaan yang terjadi di dunia ini...karena tanpa
adanya perbedaan itu maka dunia ini tidak ada...apakah manusia ada
tanpa adanya pertemuan laki laki dan perempuan?...begitu seterusnya...

untuk selanjutnya konsep ini akan menurunkan ajaran tri hita karana,
keselarasan manusia dengan lingkungan/alam dan tat twam asi = aku
adalah kamu dan kamu adalah aku...
[just imho lho]
--
i made cock wirawan