Sebelumnya saya minta maaf karena baru menyadari bahwa postingan terakhir saya
nadanya kasar sekali atau terbaca sombong. Sungguh saya tidak bermaksud begitu,
karena akan konyol sekali jikan saya menyatakan itu kepada sesama wartawan.
namun saya hanya muak saja jika ada orang yang membuka diskusi tentang yang
namanya bodrex, karena selama ini saya merasa hanya membuang waktu saja karena
memang tak pernah ada tindakan sama sekali. ibaratnya kayak orang yang
menderita sakit kepala yang hanya mengeluh dan mengeluh tanpa pernah berusaha
mencari obat sakit kepala itu sendiri.
  sekali lagi maafkan saya atas nada bicara saya...

  salam damai
  Slave Without Master

ahmad su'udi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

--- giri bronx <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> 1. Porwanas ada sebelum Anda jadi wartawan, jika
> Anda tidak ikut makan uang rakyat itu berarti Anda
> bisa tidur nyenyak. Tapi jika Anda sudah menjadi
> Wartawan sebelum ada Porwanas, tidak tahu kenapa
> Anda dulu membiarkan Porwanas ada, jadi sekarang
> sssstttt, jangan banyak bicara.

Saya jadi wartawan baru menjelang 10 tahun, jadi
benar, Porwanas ada sebelum saya jadi wartawan. Apakah
lantas fakta tersebut membuat saya tak boleh bicara
soal kekeliruan sejarah dan langkah pendahulu profesi
ini yang harus diluruskan? Anda otoriter namanya.
(jawaban saya)
Bagi saya Porwanas adalah sebuah kesalahan teramat
besar dalam sejarah kewartawanan di Indonesia, sebagai
generasi penerus profesi ini, saya memiliki tanggung
jawab moral untuk meluruskan. Jikapun upaya saya
kandas, bagi saya tak masalah, tetapi yang pasti saya
telah melalukan apa yang mesti saya lakukan untuk
marwah profesi saya. Kalau Anda juga wartawan, adakah
yang telah Anda lakukan untuk membersihkan profesi ini
dari benalu-benalu? Jika Anda bukan wartawan,
sebaiknya Anda punya atensi positif terhadap profesi
ini.

> [...]
> penipuan, melain ketidakprofesionalan. Bayangkan,
> betapa bodohnya orang mau memberi sesuatu pada
> wartawan tanpa alasan tertentu, orang yang mau
> diperas oleh bodrex, berarti ada yang tidak beres
> dengan orang tersebut. Dan tugas Andalah sebagai
> wartawan sejati untuk mengungkap ketidak beresan
> itu. jika begitu, berarti keberadaan bodrex bisa
> dimanfaatkan dengan kemampuannya mencium sesuatu
> yang tidak beres. Jadi anggap saja bodrex adalah
> bagian dari dunia jurnalistik seperti figuran dalam
> film, benalu dalam pohon, gelandangan dalam
> masyarakat, iklan dalam TV dan sebagainya.

(jawaban saya)

Anda benar, tidak selamanya wartawan harus terpaku
pada sebuah media, sebab ada juga wartawan lepas yang
dia bisa menjual berita yang didapat untuk media
tertentu.

Hanya saja yang pasti, siapa saja yang mengaku
wartawan, dia harus jelas kegiatan jurnalistiknya. Itu
mutlak. Sebab banyak orang mengaku wartawan, tetapi
tak jelas eksistensi jurnalistiknya. Ia tak bisa
melakukan wancara dengan baik, tak bisa menulis berita
dengan baik dan tak memiliki media jelas kapan
terbitnya. Ada yang terbit sekali, setelah itu mati
setahun dan terbit lagi. Ironisnya, kartu pers
kelompok ini tak pernah mati.

Kelompok inilah yang lazim disebut bodrek, karena
bikin pusing banyak orang. Kerjanya hanya minta duit,
duit dan duit. Bagi saya, kelompok ini sesungguhnya
sudah melakukan tindak kriminal.

Memang keberadaan kelompok ini tak lepas dari adanya
oknum pejabat atau pengusaha yang bermasalah. Ia
memanfaatkan kondisi itu, tetapi secara internal ada
juga andil kita membuat eksistensi mereka semakin
meriap, yakni ketidakperdulian kita pada sepak-terjang
mereka. Sebagai kelompok yang merasa memilih profesi
jurnalistik dan melaksanakan profesi ini dengan baik,
tak semestinya kita membiarkan ada kelompok lain yang
mencorengnya.

Jika Anda wartawan dan tak risau dengan bodrek,
sungguh sebuah kerisauan bagi saya.

Salam orang riau yang risau

ahmad s.udi

www.riuterkini.com