Salam

Apa hubungannya Yahudi dengan Tareq Azis yang Kristen?
Ngawur. Sepertinya rekan kita Roni ini enggak ngikutin
diskusi antara mbak Ida dan mas Loek ttg "Blasphemy"
Kristen yang panjang lebar tempo hari. Di situ udah
dibahas hubungan antara Kristen dengan Yahudi. Yahudi
(agamanya Judaism) justru lebih dekat ke Islam. Kok
masih ada yang mengaitkan antara Kristen dengan
Yahudi.

Soal kenapa tanggapan Jakarta dingin, menurut saya ada
beberapa sebab.
1. Saddam itu sejatinya tidak pernah mewakili Islam.
dia sekular oportunis. dia baru menganggap dirinya
martir (Islam) setelah ditangkap AS dan mau dihukum
mati. jadi kenapa Islam indonesia repot2 demo

2. Mendemo kematian Saddam sama juga dengan mendemo
diri sendiri. Ingat, kita (Indonesia) diam saja (kalau
tak mau disebut "mendukung" kejahatannya)waktu dia
membunuhi orang Kurdi dan menyerang Iran.

3. Mendemo digantungnya Saddam berarti menguatkan
solidaritas kelompok Siah di tanah air yang kini sudah
tak malu-malu nujukkin jati dirinya, tidak seperti 10
tahun lalu atau di era Suharto.

Salam

--- Satrio Arismunandar <[EMAIL PROTECTED]>