Oh, ini salah satu temennya toh yang datang untuk menyelamatkan Kopiupilan yang
cuma berani hit-and-run itu? Nggak heranlah kalo penuh pujian setinggi langit.
Tembak-tembakan antara saya dan Kopiracun udah berlangsung lama bahkan sebelum
tiba-tiba nama Anda muncul hari ini di milis ini, sebagaimana di milis lain
tiba-tiba bermunculan nama-nama baru yang rame-rame mendukung Kopitalisme
seperti semacam pengerahan massa.

Saya nggak peduli Anda sesama Makassar kek, atau ikut proyeknya dia tahun 2001
kek, atau pengunjung setia blog-nya yang Anda sbeut eksentrik itu. Saya kira
beda antara saya dan Kopipahit pujaan Anda itu adalah saya tak pernah koar-koar
di milis-milis mengenai apa kehebatan saya dan saya sudah berbuat apa saja
untuk orang lain. Apalagi pake menyebar kisah-kisah tentang kehebatan diri
sendiri dalam blog. Saya cuma bisa senyum-senyum saja baca tahun-tahun penting
Koptalisme (2001, 2005). Baru mulai muncul tahun 2000-an toh? Lalu sudah
sedemikian pongahnya menganggap orang lain yang beda pendapat dengannya sebagai
orang yang BELUM melakukan apa-apa bagi masyarakat? Oh, my God...

Anda tanya tulisan saya mana sebagai counter bagi postingan Kopikentalpahit?
Tahukah Anda bahwa diskusi ini bermula di milis Forum Pembaca Kompas, lalu
secara tak bertanggung jawab dan tanpa etika dipindahkan kemari secara
sepotong-sepotong dan dengan taktik hit-and-run oleh jagoan kebanggaan Anda
itu? Kalo mau liat pemikiran saya lengkap yang meresponsi Konkopilan, pergilah
di milis FPK dan ikuti jalannya dskusi di situ. Saya nggak punya kebiasaan kutu
loncat memindahkan suatu debat dari satu lilis ke milis lain, apalagi dengan
dipenggal-penggal secara abusive untuk menyesatkan opini orang yang tak tahu
cerita seutuhnya.

Selamat merenung jugalah. Saya tak terlalu peduli Anda mau anggap ini
kemenangan psikologis Kopikentalpahit atau apalah. Yang mana yang membuat Anda
senang sajalah. Anda kira terus saya jadi ciut gitu? He he he. "Tarian huruf"
Kopitalisme? Ha ha ha... sebuah metafor yang sangat bombastis. Bagi saya sih
ini lebih tampak seperti simptom huruf yang lagi sekarat daripada sebuah
tarian. Kayanya Anda dan 'guru' Anda ini satu cetakan deh. Hopeless case...

manneke