saya setuju saja soal astronomi dan pergeserannya, apapun itu. tapi saya
tertarik ke sifat2 khas yang menaungi zodiak2 tersebut, walau tak menafikan
bentuk zodiak yang telah berubah, bergeser dsb.

  namun jika ada pilihan 80 orang tak percaya dan 20 orang percaya zodiak, saya
dipastikan masuk diantara 20 orang itu. sederhana saja, rubrik zodiak yang ada
di majalah dan koran menarik untuk selingan saat mata lelah membaca dan
buku-buku tentang itu menarik perhatian untuk sekedar bantuan awal memahami
orang-orang.

  Wartawan Tempo Akmal N Basral menulis: prosa eropa, Juli 2006 silam. saya
kutip sebagian: "Di ujung yang lain, pelatih Prancis Raymond Domenech
mempertontonkan sikap pemberhalaan astrologi di luar dugaan. Ia alergi terhadap
pemain berbintang Scorpio yang diyakininya akan "saling membunuh di lapangan".
Walhasil Robert Pires (Arsenal) dan Johan Micoud (Werder Bremen) gagal masuk
tim bukan akibat kaki mereka majal mencetak gol, melainkan karena terlahir di
bawah simbol kalajengking."

  yup, saya sepakat, sifat itu sebagian dari dari keburukan sifat scorpio
selain keras kepala dan pendendam. meski ada sifat lain yang juga tak kalah
menariknya dari mereka yang terlahir di rasi kalajengking itu, misalnya setia
kawan yang tinggi, tak melewati setiap godaan yang ada, dsb. tapi seorang
prancis saja berfikiran seperti itu.

  ngomong2, untuk scorpio, saya intens telah mengamati perilaku 12 orang teman,
hasilnya memang ada mirip-miripnya. terutama perilaku soal percintaan dan seks,
sok misteriusnya dan rata-rata kemampuannya menarik perhatian di kelompok,
serta cakap sesuai bidangnya masing-masing. tapi memang, tak patut, jika 5 atau
100 orang scorpio yang memiliki kemiripan sifat khas lantas menjadi klaim
seluruh scorpio di bumi ini lantas sama. pemikiran itu salah, kata Jalaluddin
Rahmat.

  hare gene percaya zodiak? survei membuktikan film horor di negeri kita masih
sukses mendulang rupiah. kuntilanak dan pocong saja dipercaya, apalagi kalau
cuma zodiak..

Edwards <[EMAIL PROTECTED]> wrote:          Segala perubahan semacam itu
disepakati di IAU (International
Astronomical Union).

Perubahan dalam zodiak itu bukan hanya tanggalnya saja. Perubahan
tanggal itu karena - seperti udah dibilang - bumi berotasi dan
berevolusi. Bentuk bumi yang tidak bulat sempurna (cenderung lonjong)
adalah salah satu penyebab perubahan pada tanggal-tanggal zodiak.

Selain perubahan tanggal, bentuk zodiak juga berubah. Seribu tahun yang
lalu, posisi bintang2 di rasi tidak seperti sekarang, artinya bentuk
rasi seribu tahun lalu dengan yang sekarang berbeda walau hanya sedikit.
Hal ini karena bintang-bintang di antariksa juga bergerak. Terlihat dari
bumi, pergerakan bintang2 itu sangat kecil, ada yang sekitar 0.5 detik
busur per tahun. 1 detik busur = 1/3600 derajat. Tapi walaupun kecil,
jika kita gunakan orde ribuan tahun maka perubahan akibat gerak bintang
itu kentara juga.

Zodiak dipakai sejak zaman Yunani kuno dan tidak up to date. Pastinya
ada banyak prubahan yang terjadi seiring dengan berkembangnya ilmu
pengetahuan manusia tentang astronomi. Jadi, hare gene masih percaya
sama zodiak? Nggak banget dech...

--- In mediacare@yahoogroups.com, robby effendi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> menarik jg perubahan itu,
> tapi apakah ada lembaga resmi yang mengatur ketetapan itu?? dan kita
tunggu ketetapannya pula...
> semisal MUI yang mengatur hari raya itulah
>
> tapi jika benar, pasti banyak buku soal tetek bengek zodiak yang
akan ditarik dari peredaran dan kita harus membaca ulang lagi
sifat-sifat dari zodiak baru kita..

> tapi gak mungkinlah, masa scorpio jadi libra...libra jadi virgo.
>
> hehe
>
> rob

> What kind of emailer are you? Find out today - get a free analysis of
your email personality. Take the quiz at the Yahoo! Mail Championship.

 New Yahoo! Mail is the ultimate force in competitive emailing. Find out more
at the Yahoo! Mail Championships. Plus: play games and win prizes.