RUMAH DUNIA DAN DAR! MIZAN
  Mempersembahkan:

  KELUARGA PENGARANG
  Bersama Gola Gong, Tias Tatanka,
  Bella (8 th), Abi (7th), Didi (2,5th), Kaka (1,5th)

  Moderator: Boim Le Bon (Pengarang Lupus)

  MENU: Bagaimana mengenalkan budaya membaca dan menulis sejak dini kepada anak.

  Tempat: RUMAH DUNIA
  Pukul 13.30 – 17.00 WIB
  Alamat: Komplek Hegar Alam 40, Ciloang,
  Pintu Tol Serang Timur, Kemang Pusri,
  Serang 42118, tlp: 0254 – 202861
  Cp: Roni di 081513682943

  Menu tambhan: Peluncuran antoloji cerpen anak-anak Rumah Dunia.
  Pembcaaan Puisi anak-anak.

  ***

  Setiap hendak tidur, saya selalu bertanya kepada Bella, “Tadi baca buku apa?”
  Saya menyuruhnya menceritakan tentang synopsis, tokoh, karakter, alur, plot,
ending, konflik, dan setting. Saat itu Bella berumur 6 tahun. Bella tentu
bingung. Dia bertanya balik ke saya, ”Apa itu sinopsis, konflik, setting, alur,
plot, ending, dan karkter?” Nah, saat itulah secara perlahan, saya
menjelaskannya mnjelang tidur. Biasnya saya memberi menu tambahan dongeng
sebelum tidur. Abi – adiknya, hanya ikut mendengarkan atau ngrecokin.

  Kemudian bertambahlah pelajaran mengarang kepada putriku. Jika sudah membaca
buku, saya suruh dia menceritakannya. Tapi, saya pura-pura sibuk dan
menyuruhnya menceritakan lewat tulisan. Dia pun menuliskannya.

  Yang membuat saya kaget, suatu hari dia minta diantar ke pasar. Dia minta
dijelaskan semua yang da di pasar. Saya bimbing dia untuk bisa melihat dan
merasakan semua yang ada di pasar. Bagaimana car menyusun barang dagangan,
orang yang jualan bakso, bubur, sayur-sayuran. Saya lihat dia sagnat antusias
dan terkesan sekali. Bahkan dia sempat mewawancarai tukang bubur. Dia terkesan
cerewet saat itu.

  Pada Februari 2005, Bella bertanya pada saya, berapa halaman kalau membuat
novel? Saya jawab, 40 halaman. Tanpa saya sadari, setiap ada waktu dia mnegetik
novel pertamanya. Setahun kemudian, novel pertamanya jadi. Sekitar April 2006.
”Pah, tuh novel Bella jadi!” katanya. ”Judulnya ’Kisah Bunga’!” Saya kaget dan
tidak percaya. Saya langsung kirim ke Ali Muakhir (Dar! Mizan). Saya belum
membaca novelnya. Nanti saja  kalau sudah jadi.

  Alhamdulillah, 10 Januari 2007 novel Bella pertama; Beautiful Days
diluncurkan di Rumah Dunia. Ketika cover bukunya jadi, Bella berteriak senang.
Dia langsung mengenali para tokohnya. ”Gambarnya bagus amat!” Tapi, ketika tau
dia harus duduk sebagai pembicara, Bella bilang, ”Malu! Harus ngomong apa?
’Ntar ditemenin Papah aja!”

  Yang membuatku menitikkan air mata, saat uang muka dari royalti pertamanya
ditransfer, Bella membagi uangnya kepada Bella, Didi, da Azka. Lalu dia membeli
parcel buah-buahan untuk Aki dan Eneknya yang sedang sakit. Saat parcel itu
diberikan kepada kakeknya yang berbaring di tempat tidur, aku melihat mereka
seperi sedang melihat aku kecil. Aku memilih meminggir dan duduk di teras.
”Putriku jadi pengarang sekarang!” begitu bisik hatiku. Sekarang Bella sedang
menggarap dua novel sekaligus; It’s My Bedroom dan Ada Deh. Berkejaran
denganku! (Gola Gong)

  MARI BERKUNJUNG KE RUMAH DUNIA
  INI ADALAH HARI KELUARGA.
  JANGAN LEWATKAN.