Saya kira anda ini punya penyakit tel-mi.
MANUSIA itu bukan hanya laki-laki tetapi juga
perempuan, kan? Jadi kalau poligami hanya dibolehkan
bagi laki-laki sedang perempuan tidak boleh bersuami
lebih dari satu, bagaimana bisa disebut hak azasi
manusia?? Kalau dikatakan hak asasi laki-laki Islam
berdasarkan kitab suci Islam, bolehlah. Atau hak azasi
laki-laki Mormon menurut agama Mormon. Tapi BELUM HAK
AZASI MANUSIA.

Memang masing-masing budaya tidaklah memiliki standar
atau kriteria yang sama mengenai Hak Asasi Manusia,
tetapi ada hak-hak yang diterima secara UNIVERSAL
seperti yang termaktub dalam Deklarasi Universial Hak
Azasi Manusia  yang disetujui Majelis Umum PBB tanggal
10 Desember 1948.

Deklarasi ini meliputi 30 pasal yang merinci hak azasi
manusia antara lain hak untuk hidup, hak untuk bebas,
hak untuk tidak di-diskriminasi, hak untuk tidak
dperbudak atau diperdagangkan sebagai budak, hak untuk
tidak ditahan, dipenjarakan atau dikucilkan secara
sewenang-wenang, hak untuk diadili secara adil, hak
untuk menikah dan membentuk keluarga tanpa paksaan,
hak untuk memiliki harta milik, hak untuk tidak disita
harta miliknya secara sewenang-wenang dan serangkaian
hak lainnya.

Kalau hak ber-poligami dan ber-poliandri tadi, hak
yang barangkali mirip dengan itu yang semakin kuat di
negara-negara Barat adalah HAK PRIVACY untuk melakukan
hubungan seks suka sama suka (consentual sex) antara
pria dan wanita yang sudah cukup umur dan tidak
terikat perkawinan dengan orang lain.

Jadi kalau anda berhubungan seks dengan perempuan yang
sudah berumur di atas 18 tahun atas dasar suka sama
suka (bukan perkosaan), status anda dan juga pasangan
anda single (lajang/gadis/janda/duda), dilakukan di
tempat tertutup (bukan di depan umum), dan bukan jual
beli seks (pelacuran), maka hubungan anda dan
perempuan itu dilindungi HAK PRIVACY yang tidak boleh
diganggu-gugat. Hak azasi manusia? Belum, karena belum
diterima secara universal, baru di negara-negara
Barat.

Mudah-mudahan menambah wawasan.

http://us.click.yahoo.com/aZttyC/X_xQAA/cosFAA/IRislB/TM