Mengingatkan : Ilmu berkomitmen pada inti ilmunya
sendiri.

Oleh: Vincent Liong

Banyak murid saya yang bertanya kepada saya,mengapa
saya tidak membuat sebuah ajaran yang bersifat believe
sistem yang diajarkan kepada para pengguna
kompatiologi ilmu yang saya lahirkan ini? Malahan
membuat ilmu yang melarang para muridnya memberikan
nasehat, konseling, dogma-dogma tertentu, sehingga
sifat proses belajar kompatiologi seperti programmer
komputer yang bekerja; dilarang untuk membuka atau
mengutak-atik file interen / local wisdom perusahaan.
MENGAPA?!

Mengapa saya lebih memilih untuk membatasi diri saya
dalam menulis dan membiarkan para murid saya sajalah
yang masing-masing membuat buku tentang ilmu saya
kompatiologi? Mengapa saya tidak membuat hak paten
atas Kompatiologi agar lebih eksis sebelum ada orang
lain yang mempatenkan kompatiologi agar terlihat
secara resmi ilmu kompatiologi adalah miliknya? Dan
saya katakan biar saja orang lain yang menipu diri
dengan membuat hak patennya, toh bila itu terjadi yang
akan dipegang oleh masyarakat adalah nama praktisi
yang berkwalitas bukan nama ilmunya. MENGAPA?!

Kalau pembajakan oleh pihak lain dengan membuat hak
paten terjadi, saya akan menyatakan kejadian tsb
kepada para murid saya dan membiarkan ilmu yang saat
ini bernama kompatiologi itu sepertinya hilang, tetapi
menyebar dengan berbagai nama berbeda di masyarakat,
hanya persaudaraan tanpa bentuk organisasinya yang
jalan. MENGAPA?!

Pada hari Senin, 12 Maret 2007 saya mendapat email
dari propagandis Falun DaFa (Falun Gong) di Jakarta.
Di kalimat pertamanya berbunyi;

“Sejenak dengan kompatiologi yang mulai bergaung.”

Lalu disambung dengan paragraf selanjutnya;

“Sempurnakan pemahamanmu dengan bacaan ini mungkin
bermanfaat.
Mungkin Vincentliong pernah hadir ke seminar tentang
penindasan Falun DaFa.
tapi mengenal intisari ajarannya mungkin belum.

Shifu LiHongzhi mengatakan saat ini 90 % kehidupan
tingkat tinggi bereinkarnasi ke bumi menjalin takdir
pertemuan dengan Shifu.
Shifu mengatur para praktisi mencari orang2 yang turun
itu untuk kembali ke asal mereka masing2.
Sekarang inilah waktunya mulai mengenal sesuatu yang
mungkin berjodoh denganmu.
Entahlah...”

Begitu menggebu-gebunya propaganda dari seorang
propagandis Falun DaFa (Falun Gong) ini ingin
mengatakan bahwa Vincent Liong termasuk
Kompatiologinya adalah hak milik di bawah kekuasaan
penguasa alam kelompok Falun DaFa. Jadi Zuan Falun itu
bersifat memiliki manusia, sehingga ada pemisahan
antara yang termiliki dan yang tidak termiliki olehnya
secara jelas berdasarkan siapa yang pernah membaca
atau yang tidak pernah membacanya. Bahkan agak ngotot
di paragraf selanjutnya menulis sebuah kalimat;

“Bila hati Vincent tergerak untuk pulang kembali ke
asal usul yang sejati.
Cobalah membaca buku ini yang bernama ZHUAN FALUN.”

Lalu di paragraf selanjutnya menggeneralisasi range /
cakupan segala kagiatan dengan mengatakan;

“Sebuah ajaran Kultivasi kuno, sebuah Fa Orthodok yang
di publikasikan kembali oleh Shifu Li Hongzhi pada
masa akhir Dharma ini.
Sebuah ajaran untuk menjadi baik sesuai karakter
tertinggi alam semesta Zhen- Shan- Ren atau Sejati,
Baik, Sabar.

Semua materi dari yang paling mikrokosmis sampai yang
terbesar mengandung unsur ini.Jadi ukuran baik- buruk
di alam semesta ini.
Bahwa materi yang kekurangan unsur ini dikatakan akan
aus, rusak dan musnah.
Itulah inti ajaran Falun DaFa yaitu meningkatkan moral
mengkultivasikan pikiran agar selalu sadar.”

Dua paragraf di atas ini mengandung pertentangan yang
kuat dimana menyatakan bahwa;

“Sebuah ajaran untuk menjadi baik sesuai karakter
tertinggi alam semesta Zhen- Shan- Ren atau Sejati,
Baik, Sabar.”

Tetapi selolah-olah secara halus mengancam;

“Bahwa materi yang kekurangan unsur ini dikatakan akan
aus, rusak dan musnah.”

Lalu usaha perekrutan / menguasai orang lain lagi;

“Vincent akan mengerti bagaimana tata cara latihan
QiGong( baca= cikung) yang asli.
Cikung ( bentuk2 latihan energi) yang asli adalah
Xiulian ( belajar dan berlatih) Xinxing ( kualitas
moral) dan menjaga kesadaran tetap lurus.

Dalam buku ini ada istilah2 yang mungkin belum
dipahami ada di bagian akhir yaitu "Glosarium"
Aku kirimkan ceramah Shifu untuk membantu memahami
ajaran falun DaFa yang sebenarnya ( Beijing '96 dan
Switzerland' 98)
Ada latihan perangkat gerakan Gong (baca= Kung) yang
dapat memurnikan tubuh praktisi Xiulian.
Semua tempat latihan Falun DaFa tidak memungut biaya
seperserpun, siapapun bisa masuk dan keluar
sesukanya.”

Pertanyaannya: Bagaimana tidak pemerintah Republik
Rakyat Tionghoa yang dimana ilmu ini berasal malah
membantai habis ilmu ini? Bukanlah salah ilmunya,
ilmunya memang baik dasarnya. Tetapi ilmu berkomitmen
pada inti ilmunya sendiri, bila tidak ilmu itu pun
kejam, tidak ada siapapun juga yang bisa berkuasa atas
ilmu. Ilmu tetap bisa memakan tuan rumah pembawa ilmu
bilamana inti dari ilmu itu sendiri sadar atau tidak
sadar telah terlanggar, tidak satumanusia pun dapat
mengelak.

Mengulangi tiga paragraf saya yang pertama…

[...]

Ini dibuat untuk menjadi renungan. Anda & kelompok
bisa sebal, dendam atau marah, toh anda merasa pemilik
alam,,, dari pendiri Kompatiologi yang jumlah
pesertanya belum ada apa-apanya dibanding Falun DaFa.

“Manusia mengikuti aturan bumi, Bumi mengikuti aturan
Langit. Sementara langit itu mengikuti aturan Tao.”
Dikutip dari Tao-TE Ching.

Ttd,
Vincent Liong
Jakarta, Rabu, 14  Maret 2007

 Email sebelumnya:
[...]

Salam,

Jesse Prakasa

n.b. Bila ada hal2 yang perlu didiskusikan atau
ditanyakan aku sangat terbuka untuk itu.