Ada hal yang kurang diperhatikan oleh otoritas negara
Indonesia dan figur-figur sentral bangsa  tercinta ini
sehubungan dengan gerakan ricuh yang mengancam
kebebasan beragama. Sangatlah rendahnya pemahaman
pengelola keamanan bahwa skenario-skenario liar dan
yang terjadi di negeri lain bisa saja terjadi di
Indonesia kita ini. Ujung-ujungnya kita jadi semacam
arena persaingan kepentingan global yang tengah
gontok-gontokan sekarang ini.

Siapa yang membayangkan bahwa sebuah Fiji akhirnya
harus dikendalikan oleh Australia? Beberapa tahun yang
lalu seorang pastor kulit putih disembelih oleh
kalangan relijius lokal di sana (bukan Islam). Tak
berapa lama di sana kerap terjadi kerusuhan, namun
bukan bermotif agama. Lalu kemudian, setiap kerusuhan
menghadirkan militer Australia. Dan akhirnya jadilah
setiap ada persoalan di sana pasukan Australia hadir
untuk menertibkan.

Pembakaran fasilitas keagamaan yang terjadi di Bandung
pasti akan dapat diselesaikan. Saya yakin itu bisa
diselesaikan. Namun dampak informasi global dari
tindakan itu ialah menguatnya sentimen ummat Kristiani
di tempat lain dunia bahwa ada trend yang mengancam
kebebasan beragama di Indonesia. Padahal, amat sulit
mengatakan bahwa pemangku amanat rakyat di negeri ini
siap menerapkan pengawasan atas kebebasan beragama,
khususnya agama Kristiani. Sangat riskan melakukan itu
sebab akan mendorong sentimen yang lebih tinggi lagi
di Papua untuk merdeka, dan juga di Sulawesi Utara.

Jadi, tanpa disadari kita kembali menurunkan rating
imej kita sebagai negara yang aman untuk investasi.
Ingat bahwa sebagian besar investor internasional
adalah berlatar belakang Kristiani, atau sedikitnya
uang mereka juga didukung oleh bursa saham global,
yang uangnya adalah uang orang-orang kulit putih di
sana. Mereka bukan membela agamanya, tetapi khawatir
investasinya dibakar massa, lalu uangnya hangus jadi
abu.

Oleh sebab itu jangan lagilah urusan demikian ini
diperluas. Diselesaikanlah dengan baik.

Food fight? Enjoy some healthy debate
in the Yahoo! Answers Food & Drink Q&A.