Jebakan-Jebakan dalam Hidup
Dalam hidup ini, seorang manusia sering merasa banyak keterbatasan. Ketika
melihat orang lain rasanya kok serba bisa. Diapun kembali berkutat dengan
kekurangan diri sendiri.
Aku tidak bisa berpikir kreatif.
Aku tidak bisa punya waktu.
Aku sudah capek miskin.
Aku sudah tidak habis pikir bagaimana cara pikir suamiku yang selingkuh, dia
tidak menyadari begitu dalam cintaku kepadanya.
Aku tidak bisa mengharapkan masa depan di perusahaanku sekarang ini.
Aku tidak bisa melakukan promosi efektif melalui dunia maya.
Aku tidak bisa membuat orang lain membaca tulisanku.
Aku tidak bisa seperti dia.
Banyak sekali komplain yang kita keluarkan dalam bentuk uneg-uneg. Sedangkan di
radio kita dengar lagu-lagu SAMSON, RAJA dan DEWA 19 yang sangat indah. Setiap
lagu adalah maha karya. Kita heran, mereka juga manusia biasa, tapi kok mereka
bisa? Mereka bisa berbuat yang terbaik untuk hidup ini? Orang bilang, industri
rekaman banyak bajakan, bahkan Inul saja mengeluh lagu-lagunya banyak yang
dibajak daripada kaset yang asli. Tapi, kok selalu saja ada artis baru yang
meledak?
Kok bisa ya?
Sesungguhnya kita terlalu sering terkungkung dalam jebakan hidup.
1. Jebakan Waktu
Sebagian besar manusia jaman sekarang berharap, segalanya berjalan instan.
Kalau mengirim email hari ini, berharap langsung ada hasilnya. Setelah
ditungu-tunggu kok tidak ada yang respon? Apa tidak dibaca? Sekali lagi, kita
terlalu sering berharap dalam hal apapun yang kita lakukan, harus mendapatkan
hasilnya sekarang juga. Jika tidak, maka menganggap seolah-olah dunia tidak
berpihak kepada kita. Mengapa waktu tidak berpihak? Lalu merasa sebagai orang
yang paling tidak beruntung di dunia ini.

2. Jebakan Rasa Lelah Berusaha.
Setelah segala upaya dicoba dengan segenap pikiran, keahlian, persiapan, tapi
hidup ini seolah-olah berjalan di tempat. Hingga merasa bahwa hidup ini hanya
menjadi beban. Hidup kok serasa hanya mencari makan dan bayar utang? Setelah 10
tahun berkarir, tapi jabatan tidak pernah naik. ”Jabatan promotion manager ini
sudah dipegang sejak umur 27 dan sekarang, sesudah 10 tahun berlalu, tapi kok
tetap saja manajer promosi?”
Apa yang salah?
Akibatnya dia selalu asal-asalan dalam melakukan tugas:
·        Asal jangan capek. Karena kalau capek, kita yang rugi, kita yang
menderita, sedangkan hasilnya sama saja, tidak ada yang istimewa, hanya saya
merasa dikudain saja.
·        Asal jangan mikir.  Karena memikirkan sesuatu itu menjadi terasa
berat, karena kita bingung kemana mencari solusinya?

3. Jebakan Eksploitasi
Setiap karyawan sering merasa bahwa office politics ada dimana-mana dan tidak
ada gunanya. Mereka juga merasa selalu terjadi eksploitasi tanpa henti. Bahkan
teman mengeksploitasi teman lainnya. Apalagi ekploitasi apa saja; tenaga,
pikiran, uang dan kekuasaan. Sesungguhnya kebanyakan manusia dijajah oleh
ketergantungan akan uang dan kekuasaan. Rasanya kalau tidak memegang uang
Rp200.000 di kantong maka tangan terasa gemetar tidak sanggup menghadapi dunia.
Apalagi kalau sampai lupa tidak bawa kartu nama dan handphone, ”Aduh bagaimana
kalau aku nanti kesulitan?”

4. Hidup ini Hanya Kebohongan dan Tipuan.
Seperti Pinokio, kita merasa bahwa keadaan memaksa kita untuk melakukan dua hal:
Berbohong, dan kita heran mengapa hidung kita kok menjadi semakin panjang?
Semakin banyak kebohongan yang kita lakukan, dan itu semakin menyulitkan kita.
Dan merasa bahwa kita terperangkap masuk ke dunia sirkus, dan kita dijual
kepada segerombolan pemain sirkus.  Setiap hari dipaksa melakukan hal-hal yang
diluar keinginan.  Diluar karya sesuai perasaan batin, dan kita merasa terjebak
dan tertipu oleh gerombolan sirkus dan merasa terpaksa melakukan pekerjaan
sehari-hari tanpa tahu bagaimana caranya keluar dari keadaan ini...

Hingga kita terpaksa menyalahkan keadaan, dan tidak mau lagi berusaha. Merasa
bahwa dunia tidak berpihak. Sebagian besar manusia hanya memandang kekurangan
diri, tanpa tahu bahwa kita ditakdirkan menjadi anak manusia sejati, anak
manusia seutuhnya. Tapi kebanyakan tidak sanggup untuk mempercayai itu, hanya
bisikan sayup-sayup yang hilang tertelan oleh kerasnya hidup ini.
Aku harus berjuang!
Namun aku kelelahan.
Aku tidak tahu, hidup ini harus bagaimana?
Berikut ini saya cuplikkan curhat teman saya tentang kehidupannya.
I want to be free !!!!
Begini rasanya terbelit hutang. Kerja seperti kuda. Otak muter seperti gasing.
Hidup seperti di penjara. dituntut cari duit buat bank. Tidak bisa santai
barang sebentar. Dulu sebelum punya utang kok rasanya bebas, enak, merdeka.
Gara-gara nafsu yang terlalu memburu, pengen cepat maju, pengen cepat kaya.
Lalu ada nasehat BODOL (bisnis dengan duit orang lain). Utang itu mulia dan
lain-lain. Ternyata utang bukan solusinya.  Malah seperti belenggu yang
menghilangkan hak-hak tidur siang dan waktu main-main bareng anak tercinta.
Dulu sebelum terjerat utang. Susu anakku Pediasure sekaleng seminggu. Istriku
beli perhiasan seminggu sekali. Rekreasi kemana aja bisa. Lobi klien
kemana-mana pake mobil. Sekarang kok cuma susu kental manis. ”Perhiasannya jual
aja deh ma...”. ”Di rumah aja, dananya buat bayar bank besok”. ”Pake motor aja,
dana BBM-nya buat bayar bank”.
Utang itu mulia. BODOL. Pegawai bank jadi tambah makmur, keluarga sendiri jadi
menanggung ikut prihatin kena belenggu utang. Kalau pengen cepet maju harusnya
dulu solusinya bukan utang, Tapi mempertajam empati, untuk membuat kehidupan
semakin baik, memelihara bumi Allah. Utang ternyata bukanlah solusi utama buat
maju.  Namun sudah terlanjur...
Ternyata Gusti Allah memang sedang menjewer telinga saya supaya lebih
berempati, supaya saya meninggalkan ego dan nafsu, supaya tidak sombong, supaya
lebih pasrah, sesungguhnya tiada daya dan kekuatan melainkan karena Allah yang
Maha Agung.
Alhamdulillah. Ternyata Allah masih sayang aku. Mengingatkan aku supaya tidak
sombong lagi.
Supaya tidak egois lagi...
Supaya tidak dugem lagi...
Supaya lebih mendekat lagi...
Supaya tidak maksiat lagi...
Supaya membersihkan jiwa saya...
Tobat...

Sekarang saya cuma pengen hidup tenteram tidak dikejar-kejar utang. Saya tidak
ingin jadi miliuner. Ya Allah bebaskan aku dari utang yang buruk ini.
I want to be free dari utang.
Ahmad Mizani

Untuk lebih lengkapnya dapat dibaca di buku kami "Best Life - Menjalani Hidup
Bahagia Penuh Makna" ditulis oleh Stefanus Indrayana & Goenardjoadi Goenawan,
diterbitkan oleh Elex Media Komputindo mulai 1 Mei 2007.

salam,
Goenardjoadi Goenawan
Pengamat Kewirausahaan
www.manajemen-nurani.spaces.live.com
http://www.swa.co.id/swamajalah/sajian/details.php?cid=1&id=5630&pageNum=2

Miliki Buku-buku karya Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM. & Ir. Stefanus Indrayana,
MBA.:
* Best Life - Menjalani Hidup Bahagia Penuh Makna [terbit 1 Mei 2007]
* Manajemen Berbasis Nurani [terbit 1 Januari 2007]
Dan juga karya Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM. lainnya:
* Memasarkan Dengan Hati [terbit 8 November 2006]
* Menjadi Kaya Dengan Hati Nurani
* Mata Air Untuk Dahaga Jiwaku
* Pelangi Kehidupan Entrepreneur