Dear Pak Adi S,

Saya coba menjawab

- Mobile Banking

 Aplikasi mobile banking melibatkan dua pihak, yaitu XL dan Content
Provider (CP). Untuk Mobile Banking BCA, maka yang menjadi CP adalah BCA. XL
berperan menjadi gateway antara customer dan CP, dan yang melakukan
pemrosesan request adalah CP, dan komunikasi antara CP & XL memiliki
standard tertentu.
Jadi, jika terjadi problem mBanking, maka root cause-nya ada di dua sisi,
yaitu sisi operator (XL) dan sisi CP.
Berdasarkan email bapak, saya menanggap bahwa problem mBanking bapak terjadi
pada tanggal 11 Mei, sedangkan dari sisi kami tidak ada problem pada tanggal
tersebut.

- SMS Pending
 SMS Pending bisa terjadi karena banyak hal, misalkan karena Memory SIM/HP
B# (recipient) full, atau Absent Subscriber (data customer tidak ter-attach
di VLR). Apalagi untuk pengiriman SMS lintas operator, jenis penyebabnya
lebih banyak lagi.
Untuk melakukan investigasi SMS Pending, diperlukan No HP dari A# (sender),
B# (recipient) dan perkiraan waktu pengiriman SMS.

- GPRS
 Settingan GPRS tiap jenis HP memang berbeda-beda.

Mungkin bapak bisa menginform No HP bapak, supaya dapat dilakukan
investigasi atas kasus bapak.