Bang Audy, Pak Danar, mbak Ros, dan rekan-rekan milis lain.
Memang betul apa kata Pak Danar, kalau memang ada lafal Allah di satu telor,
trus telor itu kita dadar, atau ceplok, atau diorak-arik (Angie paling suka
orak-arik telur), trus kita makan dengan nikmat, apakah setelah itu kita bisa
menghentikan lumpur lapindo? Apakah kita bisa menghentikan perang yang ada di
dunia ini?
Yang penting kan apa yang bisa kita lakukan dengan riil untuk menciptakan
kedamaian di dunia ini, ga ada lagi marginalisasi kepada kaum perempuan (maklum
yang nulis Feminis nih, hehehehe ...), maupun kaum lemah lain, ga ada lagi
orang-orang yang serakah memikirkan kekayaan untuk diri sendiri maupun
keluarganya, ga ada lagi orang-orang yang menghalalkan segala cara untuk
kuasanya sendiri, dll.
Allah sendiri itu kan hanya merupakan satu kata yang berarti Tuhan atau God,
atau apalah, dan semua agama di dunia ini (terutama agama-agama samawi, alias
Abrahamic Faiths, Jewish, Christian/Catholic, Islam) mengakui keberadaan The
Almighty ini, the Most Omnipotent ini. So? ga ada esensinya kan bahwasanya
lafal Allah itu bisa dilihat di sebuah telur, pohon, awan, atau dimana aja?
Karena yang penting adalah, kita harus terus survive, menciptakan kedamaian di
muka bumi ini, hidup berdampingan meskipun beda agama, yang penting saling
menghormati.
Bagi yang belum kenal si Nana yang Feminis (namun romantis ini, hehehe ...), I
am a Muslim, dari sebuah keluarga yang fanatik, dan tumbuh dewasa mendidik diri
sendiri menjadi seorang sekuler. Nothing wrong being a religious, there is
nothing wrong either being a secular. yang penting ya itu tadi, let us respect
each other.

Salam hangat,
Nana