itu dia yang paling menyedihkan. semua aparat birokrasi mencoba untuk menutupi
segala kebobrokannya atau tujuan-tujuan lainnya dengan menyuap para pemburu
berita melalui undangan ini itu, gathering ini itu dan sebagainya. tapi kalo
dipikir2, darimana mereka dapat uang untuk hura-hura itu kalau tidak dari uang
rakyat juga. gimana kita ga miskin, kalau hal seperti ini terus membudaya.

contoh kasus seperti beberapa waktu lalu ketika MPR melakukan sosialisasi UUD
45 kepada wartawan. mengambil tempat di safari garden puncak, dengan hidangan
yang serba menggiurkan termasuk uang saku (yang alhamdulillah tidak saya
ambil), sekitar 100 wartawan menikmati segala fasilitas tadi.

jujur saya sangat ngenes sekali saat itu. dan sempat menjadi perbincangan
hangat antara saya dan teman-teman dari media lain seperti kompas, tempo dan
koran sindo. gimana tidak, disaat masyarakat lagi susah-susahnya, lembaga
tinggi negara yang sangat dihormati itu, sibuk buang-buang duit rakyat untuk
sebuah acara yang menurut saya sangat tidak penting sekali (karena saya
berpendapat semua wartawan sudah seharusnya memahami apa itu UUD '45). kalau
sudah begini, tidak mengherankan jika belanja APBN kita hampir setengah
lebihnya hanya untuk memenuhi kebutuhan birokrasi. sedangkan untuk publik, ya
hanya segitu-gitu saja.

ehm, sebenarnya saya juga tidak anti-anti banget sih dengan gathering dan
semacamnya yang diselenggarakan oleh sejumlah departemen dan lembaga lain ini.
karena itung-itung, lumayan lah buar refreshing. tapi apakah harus semewah itu?
Padahal jujur, klo biayanya 50:50 saja, pasti banyak kok yang mau ikut. lalu
apa harus pulangnya tiap wartawan dibekali uang saku? entah kenapa, menurut
saya hal ini sangat menyedihkan sekali.

salam
meita, (wartawan pemula)