Pak Jhoni,
      Dalam artikel  pendek saya mengenai aborsi, saya menulis “there must be a
strict  regulation though; that is to do the abortion before the pregnancy
reaches  three months old”. Sepengetahuan  saya Tuhan meniupkan roh kepada
calon jabang bayi, untuk memberinya kehidupan,  pada saat calon jabang bayi
memasuki usia kehamilan 3 bulan. (Seperti juga  peraturan yang ada di Tunisia,
satu artikel yang saya baca di blog http://dedepermana.blogspot.com).  Setelah
lebih dari usia kehamilan 3 bulan, yang dilakukan baru bisa  dikategorikan
sebagai pembunuhan. Sebelum itu, karena belum ada ruh yang hidup  dalam
segumpal darah tersebut, berarti belum bisa dikategorikan sebagai  pembunuhan.
      Aborsi tentu saja  merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan
kehidupan sang calon ibu, entah  karena kehamilan itu membahayakan jiwa sang
calon ibu, mungkin juga kelahiran  sang jabang bayi tersebut akan membahayakan
kehidupan sosial sang calon ibu,  dan bisa jadi juga membahayakan kehidupan
sang jabang bayi tersebut seandainya  dia dilahirkan. (Berapa banyak jabang
bayi yang baru saja lahir di’binasakan’  oleh sang ibu karena dia merasa bakal
dinistakan? Hal ini tentu saja jauh lebih  kejam daripada menghentikan
kehamilan tatkala kehamilan tersebut belum mencapai  usia 3 bulan.)
      Saya percaya  bahwa seorang perempuan yang dewasa akan lebih memilih
melakukan hubungan seks  yang aman daripada dia harus berurusan dengan meja
dokter untuk aborsi berulang  kali. Meskipun saya menulis artikel yang intinya
untuk melegalkan aborsi di  Indonesia, (seperti di Tunisia), saya pribadi lebih
memilih jalan aman untuk  menghindari aborsi, yakni ya itu tadi, melakukan
hubungan seks yang aman,  maupun no sexual intercourse at all. J
      Saya masih  menunggu masyarakat yang akan menerima secara wajar seorang
perempuan yang  hamil di luar pernikahan yang biasanya terjadi karena
ketidaktahuannya tentang  seks, sehingga dia tidak perlu merasa dihakimi oleh
masyarakat, yang biasanya  akan mendorongnya untuk melakukan aborsi.
      Saya masih  menunggu masyarakat (atau perusahaan-perusahaan) yang
membolehkan pegawai  perempuannya untuk hamil, sehingga dia tidak perlu
melakukan aborsi karena dia  takut dikeluarkan oleh perusahaan.
      Saya masih  menunggu masyarakat (atau perusahaan-perusahaan) yang akan
mempekerjakan  seorang perempuan yang memiliki anak. Berapa banyak perusahaan
yang akan lebih  memilih mempekerjakan seorang perempuan yang single dan tidak
memiliki anak,  karena seorang perempuan yang memiliki anak dianggap tidak akan
becus melakukan  pekerjaannya atau ditakutkan akan bekerja secara tidak
professional karena  harus membagi perhatiannya antara pekerjaan dan anak? Pada
saat yang bersamaan,  saya juga menghimbau kepada kaumku, perempuan, untuk
bekerja lebih  professional, dan tidak menggunakan alasan anak untuk mangkir
dari tempat  kerja. Hal ini bisa diatasi dengan bersedianya kaum laki-laki ikut
membantu  mengurusi anak, dan tidak lagi berpikir bahwa urusan anak hanya milik
perempuan  saja.
      Saya masih  menunggu sekolah-sekolah yang membiarkan siswinya untuk terus
bersekolah,  meskipun dia hamil. (untuk anak-anak di usia SMP maupun SMA,
biasanya mereka  hamil karena ketidaktahuan mereka, karena kurangnya sexual
education, juga  karena kurang terbukanya antara anak-anak dan orang tua.)
Kebanyakan sekolah  masih sangat bias gender, dengan mengeluarkan siswi yang
hamil, sedangkan siswa  (laki-laki) yang menghamilinya tidak dikenai sanksi
apa-apa.
      By the way,  memang sangatlah diperlukan orang-orang seperti Mother
Teresa yang bersedia  untuk menampung bayi yang tidak diharapkan oleh orang
tuanya. Mungkin sudah  waktunya bagi kita orang Indonesia untuk membentuk wadah
seperti ini? Sehingga  tak ada lagi calon jabang bayi dibunuh hanya karena
orang tuanya merasa miskin,  tidak akan mampu membesarkan anaknya, maupun
alasan-alasan lain.

      Salam,
      Nana

"Tuerah, Jhoni" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  [Bu  Nana] ………… Sebagai seorang
feminis, aku hanya ingin memandangnya dari  kacamata perempuan yang bisa jadi
adalah sang korban ………

  [Jhoni]
  Dear Bu Nana,

  Saya juga melihat seperti itu.

  Ketika  kita sedang memperjuangkan sesuatu, kita bisa sedemikian terserap
dengan sesuatu itu, sehingga bisa melupakan suatu sudut pandang lain  yang
menurut saya juga sangat penting untuk diperhatikan.

  Menurut  saya, tulisan legalisasi aborsi dari artikel yang Bu Nana kirim
adalah  sebuah artikel yang seperti itu, sedemikian terserapnya dengan suatu
pemikiran untuk suatu yang dianggap baik sampai melupakan bahwa:
    1.      bayi memiliki hak hidup yang merupakan   hak asasi dia.
    2.      aborsi adalah   pembunuhan bayi yang dilakukan oleh ibunya sendiri.

  Untuk  paham feminisme yang mendorong munculnya aborsi, berarti perlu muncul
gerakan lain lagi yang memperjuangkan hak hidup bayi. Feminisme seperti  itu
kembali lagi menjadi seperti paham-paham lain yang egois yang hanya  memikirkan
dirinya / kelompoknya sendiri.
  Seperti  patriarkhal yang egois untuk pria, feminisme menjadi egois untuk
wanita, dan karenanya perlu muncul kelompok yang membela bayi, dan  seterusnya.

  Hal  lebih mendasar yang diperlukan manusia sebenarnya perjuangan membentuk
kelompok-kelompok yang memiliki hati seperti Bunda Theresa, bagaimana  membuka
hati dan pikiran manusia sehingga kita hidup penuh kebaikan.

  Di  artikel tersebut, menurut saya, alasan-alasan (advantage) aborsi yang
diajukan terlalu practical dan bersifat egois, untuk keenakan dan  kenyamanan
kita.
  Dan  untuk ini, Bunda Theresa menjawab dengan: "jangan bunuh anak itu, saya
menginginkan anak itu, biar saya yang urus kalau kamu merasa dia  menimbulkan
kesulitan dalam hidupmu". Dan di Kalkuta sendiri, beliau dan rekan2nya sudah
menyelamatkan 3000 bayi dari aborsi.

  Are we going to let people doing abortion?   Or even influence them?
    Atau  membuat mereka merasa nyaman melakukan hal itu, dengan melegalkannya
sehingga aborsi seolah-olah menjadi hal biasa dan wajar2 saja?
  Or are we going to give ourselves to save those going-to-be aborted baby?
That's a better, loving way to solve abortion problem.

  Saya tidak akan tahan melihat bayi-bayi yang diaborsi itu. Too cruel for me.

  Saya  sendiri hanya setuju aborsi kalau itu menyangkut keselamatan nyawa
sang ibu, dan masih pikir-pikir kalau akibat perkosaan (sepertinya ada  cara
lain untuk menyelesaikan masalahnya dibandingkan aborsi, yang  menurut saya,
merupakan penyelesaian yang kejam untuk sebuah masalah).

  My opinion.

  Bagaimana pendapat Bu Nana?