Bung Denny yang baik.....
Seingat saya waktu saya di pesantren dahulu saya diajari oleh kyai, bahwa
menurut Rasulullah SAW sebaik-baik manusia adalah yang paling mempu
memberikan manfaat bagi sesamanya. Dalam pemahaman saya "memberikan manfaat"
adalah term sederhana namun sulit untuk diwujudkan. Ibarat kata dalam hal
beragama Hari-Hari ini terlalu banyak orang yang "menawarkan seember air
padahal Hari sedang hujan lebat."

Menurut saya akan bijak kiranya jika Kita bisa belajar secara terus menerus
Dan bersamaan dengan itu Kita juga memberikan pelajaran pada orang lain
tanpa pernah berpretensi "mengajari," ini yang menurut saya penting untuk
Hari-Hari ini. Tidak sedikit teman-teman dekat saya di Ciputat, di
lingkungan kampus UIN, mengeluh karena keinginannya untuk sholat jum'at
terhalangi hanya gara-gara sebagian besar masjid menampilkan Khotib yang
selain "terlalu bersemangat" juga tidak jarang "mengolok-olok orang ataupun
kelompok lain." Dan apa jadinya? Beberapateman tersebut kemudian membatalkan
niatnya jum'atan karena menghindari agar hatinya tak tercederai oleh
oloka-olokan yang justru didapatinya di tempat yang seharusnya orang
mendapatkan kedamaian saat dia pulang ke rumah. Naif memang, masjid yang
seyogyanya menjadi tempat teduh bagi ummat, berubah menjadi tempat yang
begitu "gerah"  Dan tak jarang "mencederai" perasaan seseorang.

Saya bilang ke teman-teman saya itu "orang mau beragama saja kok susah
banget ya....."

Salam,
UMA