Trimakasih sdr. INU yang menemukan setitik sinar yg hampir redup di
dunia pengharapan putra/putri  Indonesia. Kita semua sangat membutuhkan
moment-moment demikian itu. Sebagai warga Indonesia yg sdh puluhan tahun
meninggalkan negara ini, memang sulit bagi saya untuk membangkitkan rasa
kebanggaan saya menjadi orang Indonesia, TAPI, saya belum pernah
menyangkali kewargaan saya sebagai orang Indonesia. Dimanapun saya
berada dan siapapun yg menanyakan ttg identits saya, saya selalu ngaku
apa adanya, orang Indonesia.

Minggu lalu saya bersama seorang Ibu dari Indonesia dan ponakan saya,
kami pergi shopping. Beberapa kali para penjual menanyakan negara asal
kami,  si Ibu teman saya selalu cepat-cepat menjawab, Malasya.  Saya
sempat mendiamkan, karena Ibu itu lebih tua dari saya dan dia sebenarnya
tau bahwa saya tidak menyetujui dusta, tapi ketika sang ponakan saya
ikutan menyebut kami orang Malasya, saya mengambil kesempatan untuk
menegur mereka.

Pertama, saya menegur ponakan saya yang dengan mudah berbohong alias
ikut-ikutan. Kedua, saya menantang mereka untuk berjiwa besar mengakui
identitasnya sebagaimana adanya.

Si Ibu teman saya, berdalih katanya: Malu, lagi repot ntar mereka pasti
bilang Oh Tsunami, Oh Indonesia aman ya, kan banyak terrorist disana.
Kita harus ngejelasin semua, belum lagi kita ntar disangka TKW (maaf
saya bukan merendahkan status TKW, namun kenyataan WNI yang berstatus
pendul adalah mayoritas tenaga domestik atau buruh dan bukan sebagai
tenaga skill).

Hal itupun mengingatkan saya akan peristiwa puluhan tahun lalu. Ketika
sedang berlibur ke Indonesia, saya mendengar seseorang berbahasa Jerman,
lalu saya tanya orang tersebut berasal dari mana. Semula dia mengaku
orang Austria, sebab katanya dia malu menyandang predikat Hitler (Nazi)
sebagai sebagian dari identitasnya.

Kalau orang Jerman satu itu masih enggan mengaku sebagai orang Jerman,
Padahal selain Nazi, Jerman begitu dikenal dengan tehnologynya yang
canggih di dunia. Orang Indonesia mau bangga apanya ya?

Di luar negri HAMPIR tidak pernah kita mendengar nama Indonesia disebut
di Media kecuali jika hal itu berhubungan dengan berita NEGATIF.

Kalaupun ada sebagian kecil orang luar tahu bahwa alam Indonesia itu
indah, namun keindahan Indonesia, bisa pula berdampak sebagai cambuk
yang memilukan bahkan menyat hati. Beberapa kali orang yang mendengar
kita sebut, "Saya dari Indonesia" reaksi selanjutnya ialah: Lho koq mau
tinggal di sini, alamnyanya kan bagus?

Tentu benar alam kita sangat bagus, apakah kita sepanjang tahun
berstatus Holiday sementara perut lapar alias ngak bisa mendapatkan gaji
yang layak? Belum lagi sistem birokrasinya yg berbelit-belit?

Barusan saya nelfon ponakan saya di Sumatra. Hari ini saya menerima
berita GEMBIRA. Ponakan saya yang sudah lulus dari Sekolah Ahli
Kebidanan, ternyata BERHASIL mendapatkan status PEGAWAI NEGRI berlaku
mulai bulan July thn.2007.

Ini benar-benar berita gembira, sebab untuk mendapatkan status itu dia
TIDAK nyogok. Dia sekarang sudah berusia 33 thn. sebentar lagi akan
pensiun dan mendapat tunjangan pensiun bukan? Mengapa baru setelah usia
33 thn. dapat status pegawai negri? Sebab dia telah mengabdikan dirinya
selama *15 tahun*. jadi BUDAK Indonesia dalam status PTT alias Pegawai
Tidak Tetap, termasuk 3 thn. Ikatan dinas, padahal selama menjalankan
pendidikanpun orangtuanya terus dibebani biaya ini dan itu.

Di Jerman, setiap siswa perawat, tidak bayar sama sekali sebaliknya
DIBAYAR. Mereka belajar teori 3 bln. praktek 3 bulan, demikian terus
diselingi sampai mereka makhir menjalankan fungsinya sebagai perawat dan
melamar kerja dimana mereka mau.

Saya tidak tanya berapa gaji yg akan diterima ponakan saya setelah
menjadi pegawai negri tercinta kita Indonesia ini. Saya tahu hanya untuk
mendapatkan status pegawai negri itu adalah suatu yg SANGAT sulit
didapatkan tanpa NYOGOK di Indonesia.

Bagaimana dengan status pegawai swasta? Sebenarnya tidak jauh berbeda.
Suaminya yang bekerja sebagai Asisten Kebun, harus bekerja keras dan
pintar nanam modal demi investasi di haritua, kalau tidak? Gaji
pensiunan mana pernah mencukupi kebutuhan hidup para lansia di Indonesia?

Beda sekali dengan di Eropa. Para masiswa yang tak mampu membiayai
kuliahnya mereka akan diberi bantuan yang disebut BAfoeG. Uang BAfoeG
ini cukup bahkan bagi yang hemat, lebih dari cukup memenuhi semua
kebutuhan hidup dan kuliah si mahasiswa sampai studynya selesai. Bagi
para penerima BAfoeG hanya akan dipotong 3% gaji perbulan selama 30
thn.sebagai cara pelunasan apa yg telah dia terima selama masa kuliah.
Apakah arti 3% gaji? Dan bagi setiap orang yg kerja, di swasta maupun
negri, jaminan masa tua sudah diatur.

Kiranya uraian saya diatas dapat jadi masukan yang akan terus mendorong
setiap WNI untuk memantapkan system di negara yang besar ini supaya kita
kelak benar-benar dapat bangga jadi Warga Negara Indonesia.

Media tidak cukup menciptakan harapan, tapi mewujudkan kebanggaan itu
sendiri.

Salam
Roslina

HKSIS wrote:

> KOMPAS - Senin, 16 Juli 2007
>
> 10 Tahun Reformasi
> Kerinduan akan Kebanggaan Nasional
>
> Siapa pun yang berada di Gelanggang Olahraga Bung Karno, Senayan,
> Jakarta, Sabtu (14/7) malam, pasti bergetar saat mendengarkan lagu
> kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan dengan khidmat dan lantang oleh
> puluhan ribu orang bersama-sama. Ini adalah kumpulan terbesar atas nama
> bangsa sejak 10 tahun terakhir.
>
> "Belum pernah saya semerinding ini saat menyanyikan Indonesia Raya.
> Jiwa saya bergejolak, ingin melompat saja rasanya," ujar Anggoro (32),
> [...]

Kirim email ke